get app
inews
Aa Read Next : Wow!! Kota Cirebon Bakal Menggelar Cirebon Festival 2024, Catat Tanggal & Tempatnya

Uniknya Kampung Santri Benda Kerep Cirebon, Ada Pesantren Tertua hingga Larangan Pakai Elektronik

Kamis, 17 November 2022 | 20:02 WIB
header img
Intip sisi unik Kampung Santri Benda Kerep Cirebon. Foto: tangkapan layar Youtube Kanal Koela

Sampai sekarang, kampung satu ini masih merawat tradisi masa lalu. Nilai-nilai Keislaman juga masih terawat baik di kampung ini. Hal itu dapat terlihat dari cara berpakaian warga Kampung Benda Kerep, mereka menggenakan pakaian Santri. Para pria mengenakan sarung dan kopiah, perempuan mengenakan kerudung.

Pengunjung yang datang ke Kampung ini pun wajib mengenakan pakaian yang serupa dengan warga di tempat ini.

Selain itu, pesantrennya masih merawat tradisi ramadan seperti ngaji pasaran, rebanaan dan syawalan setelah Idul Fitri. Ada juga haul Mbah Soleh yang diperingati setiap Idul Adha.

Sementara kanal akun YouTube Koela mengupas sisi kehidupan Kampung Benda Kerep lainnya. Di kampung ini tidak ada barang elektronik seperti televisi, radio ataupun pengeras suara.

"Di Benda sejak jaman dahulu tidak ada pengeras suara di masjid atau dalam acara apapun, ngga ada alasan untuk itu karena memang tidak pernah ada. Justru kalau ada, perlu ada alasan," ujar KH Muhammad Ibnu Ma'isy.

Suara adzan pun hanya terdengar sayup-sayup karena tidak boleh ada pengeras suara. Suasana di kampung ini memang sangat hening dan tenang, terasa damai menyatu dengan alam.

Inilah gambaran suasana religi sekaligus unik di Kampung Benda Kerep Cirebon. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Benda Kerep, jaraknya tidaklah jauh, hanya menempuh jarak sekitar 8 kilometer dari pusat Kota Cirebon.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut