get app
inews
Aa
Read Next : Sukses di Dunia Hiburan, Ini Artis Legendaris yang Diberi Nama Panggung oleh Soekarno

12 Film Pahlawan Indonesia, Wajib Ditonton Untuk Tanamkan Jiwa Nasionalis

Senin, 14 November 2022 | 17:11 WIB
header img
Film pahlawan Indonesia, wajib ditonton untuk tanamkan jiwa nasionalis. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsCirebon.id 12 film pahlawan Indonesia, Wajib ditonton untuk tanamkan jiwa nasionalis. Beberapa film mengenai tokoh pahlawan Indonesia ini cocok untuk Anda tonton dalam menyambut hari kemerdekaan Indonesia

Sebab, film ini membuat bisa membuat rasa nasionalis kita bertambah. Umumnya, beberapa film ini mengisahkan tentang tokoh pahlawan Indonesia dapat kita ketahui dan nikmati dalam bentuk karya film-film. 

Pada film kita dapat menyaksikan perjuangan para tokoh pahlawan yang memiliki peran penting dalam meraih kemerdekaan. Selain itu, semua dikemas dalam bentuk film yang dapat Anda tonton di beberapa platform streaming.

Lalu apa saja film mengenai tokoh pahlawan Indonesia? Yuk intip penjelasan yang berhasil kami himpun dari Idxchannel.com, berikut  film pahlawan Indonesia.

Film pahlawan Indonesia:

1. Jenderal Soedirman (2015)

Sosok mempertahankan kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari peran Jenderal Soedirman. Pencetus perang gerilya ini terkenal. Tidak heran film tentangnya menarik untuk kita simak. Film ini tayang pada tahun 2015.

enderal Soedirman sendiri merupakan sosok yang sangat berperan penting pada masa Agresi Militer Belanda II yang berlokasi di Jawa.

Jenderal Soedirman disini diperankan oleh Adipati Dolken yang kemudian para pemainnya masuk dalam nominasi “Pemeran Utama Pria Terpuji Film Bioskop” di Festival Film Bandung 2016.

2. Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

Rekomendasi yang pertama adalah film yang mengangkat tentang Soekarno. Film yang tayang pada tahun 2013 ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Film tersebut berlatar pada masa awal perjuangan Bung Karno dalam memperjuangkan kemerdekaan RI.

Film ini menggaet beberapa aktor kenamaan Indonesia seperti Ario Bayu mengambil peran sebagai tokoh Soekarno, sedangkan Lukman Sardi memerankan tokoh Moh. Hatta, dan sederet aktor lainnya.

3. Habibie & Ainun (2012)

Rekomendasi film mengenai tokoh pahlawan Indonesia terakhir yang dapat Anda tonton adalah Habibie & Ainun. Meski film ini lebih banyak mengisahkan tentang kehidupan pasangan mantan Presiden RI ke-3 ini dengan sang Istri, namun dengan cerita perjalanan hidup yang dibangu pada film ini juga memperlihatkan bagaimana sosok BJ Habibie yang berperan penting dalam kemajuan bangsa. Salah satunya adalah ketika ia membuat pesawat.

Kemudian juga Hasri Ainun Habibie dikisahkan bagaimana kiprahnya di kedokteran dan memilih untuk mendedikasikan profesinya untuk Indonesia.

Film ini diperankan oleh Reza Rahadian sebagai Habibie dan Bunga Citra Lestari berperan sebagai Ainun. Habibie & Ainun  juga memiliki sekuel yang berjudul Rudy Habibie.

4. Kartini (2017)

Perjuangan kesetaraan gender di Indonesia tidak lepas dari Kartini. Karena itu, filmnya menarik untuk kita tonton untuk menambah betapa beratnya perjuangan dia. 

Sesuai dengan judulnya, film ini mengisahkan perjuangan Kartini dalam mengangkat derajat perempuan di tengah stigma buruk terhadap perempuan saat itu. Pada kisahnya ia berjuang untuk perempuan agar mendapat pendidikan sama sama dengan laki-laki.

Dalam film ini, Kartini diperankan oleh aktris Dian Sastrowardoyo. Film ini pun berhasil mendapat 13 nominasi di Piala Citra, termasuk di kategori “Aktris Terbaik” untuk Dian Sastrowardoyo.

5. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Film tentang pahlawan Indonesia yang wajib anda tonton pada hari kemerdekaan selanjutnya adalah film yang berjudul Guru Bangsa: Tjokroaminoto.

Tjokroaminoto adalah pendiri dari Sarekat Islam (SI), organisasi pertama di Indonesia yang memiliki peran penting pada masa penjajahan Belanda.

Sarekat Islam ini berpengaruh besar terhadap ekonomi orang Indonesia di masa penjajahan.

Sosok Tjokroaminoto diperankan langsung oleh aktor kenamaan Reza Rahadian sebagai sang Pahlawan Nasional.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut