get app
inews
Aa Read Next : Sukses di Dunia Hiburan, Ini Artis Legendaris yang Diberi Nama Panggung oleh Soekarno

12 Film Pahlawan Indonesia, Wajib Ditonton Untuk Tanamkan Jiwa Nasionalis

Senin, 14 November 2022 | 17:11 WIB
header img
Film pahlawan Indonesia, wajib ditonton untuk tanamkan jiwa nasionalis. (Foto: Istimewa)

6. Sang Kiai (2013)

Sang Kiai merupakan film mengenai tokoh pahlawan Indonesia yaitu K.H. Hasyim Asy'ari. Ia merupakan seorang tokoh pendiri Nahdlatul Ulama (NU) yang menjadi salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia.

Sosoknya berperan penting dalam penolakan untuk melakukan Seikerei atau hormat pada matahari yang dilakukan oleh para penjajah Jepang kala itu. 

Karena ia menganggap hal itu menyimpang dari ajaran Islam. Bahkan karena aksinya tersebut, ia sempat ditangkap.

Kisah Hasyim Asy'ari kimi dikemas dalam sebuah film Sang Kiai yang dibintangi oleh Ikranagara sebagai sang Ulama.

7. Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta (2018)

Salah satu pahlawan yang berperan dalam kemerdekaan Indonesia adalah sosok Sultan Agung Hanyakrakusuma. Dalam film ini Ario Bayu kembali memerankan sosok pahlawan setelah sebelumnya berperan sebagai Soekarno, dan kini ia memerankan Sultan Agung.

Raden Mas Rangsang atau Sultan Mataram Ketiga merupakan pemimpin yang ambisius dan pemberani pada masa penjajahan Belanda, karena kala itu nekat melawan VOC di Batavia.

8. Wage (2017)

Sosok bersejarah yang memiliki peran penting pada kemerdekaan Indonesia selanjutnya adalah Wage Rudolf Soepratman, atau dikenal dengan WR Soepratman. Kisah Sang pencipta lagu Indonesia Raya ini juga dikemas dalam sebuah film yang tayang pada tahun 2017.

Lagu kebangsaan Indonesia tersebut pertama kali dikumandangkan bersamaan dengan bergemanya ikrar Sumpah Pemuda pada Kongres Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928. Sang Pahlawan Nasional tersebut diperankan oleh Rendra Bagus Pamungkas.

9. Tjoet Nja' Dhien (1988)

Film biopik tentang Pahlawan Nasional sudah ada sebelum era modern, salah satunya adalah Tjoet Nja’ Dhien yang dibintangi oleh Christine Hakim. Sesuai dengan judulnya, film ini mengisahkan sosok Cut Nyak Dhien yang menggantikan posisi Teuku Umar selaku suaminya yang telah meninggal. 

Pahlawan wanita asal Aceh ini pun kemudian memimpin pasukan gerilya untuk berperang melawan Belanda.

10. Sang Pencerah (2010)

Film Sang Pencerah yang dibintangi oleh Lukman Sardi adalah sebuah film biopik dari Pahlawan Nasional sekaligus salah satu tokoh Islam di Tanah Air, yaitu Ahmad Dahlan. Film mengenai tokoh pahlawan Indonesia ini bercerita tentang kisah Ahmad Dahlan dalam mendirikan organisasi Islam terbesar di Indonesia yaitu Muhammadiyah. Sosoknya diperankan oleh Lukman Sardi 

Ahmad Dahlan bisa dibilang sebagai tokoh yang cukup penting dalam meluruskan ajaran Islam yang benar di daerah Jawa. 

11. Soegija (2012)

Film Soegija mengangkat kisah-kisah kemanusiaan di masa perang kemerdekaaan bangsa Indonesia sekitar tahun 1940-1949. Film Soegija merupakan film biopik dari sosok Albertus Soegijapranata, uskup pertama di sejarah Gereja Katolik Indonesia.

Karakter tokoh pahlawan Indonesia ini diperankan Nirwan Dewanto itu pun kerap disebut sebagai nasionalis yang berperan besar di masa penjajahan. Salah satu jasanya adalah menulis kekejaman Belanda saat menjajah yang berpengaruh besar pada kemerdekaan Indonesia.

12. Nyai Ahmad Dahlan (2017)

Film serupa yang mengisahkan tentang berdirinya Muhammadiyah di Indonesia adalah film yang berjudul Nyai Ahmad Dahlan yang tayang pada tahun 2017. Film ini mengangkat cerita tentang kehidupan sosok Nyai Siti Walidah, istri Ahmad Dahlan. Selain itu juga bercerita tentang kisahnya dalam melakukan emansipasi perempuan.

Sosoknya diperankan oleh Tika Bravani dan dalam film tersebut sosok Ahmad Dahlan diperankan oleh David Chalik. 


Nah, itulah  film pahlawan Indonesia, Wajib ditonton untuk tanamkan jiwa nasionalis. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan pembaca semua.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut