get app
inews
Aa Read Next : Yuk, Beli Sukuk Ritel di bank bjb. Bunga Kompetitif Lebih Tinggi dari Deposito

Hari Pahlawan, Inilah 7 Pahlawan dalam Pecahan Uang Rupiah

Kamis, 10 November 2022 | 09:55 WIB
header img
Hari Pahlawan 2022, Inilah 7 Pahlawan dalam Pecahan Uang Rupiah. Foto : Istimewa

JAKARTA,iNewsCirebon.id - Memperingati hari pahlawan 10 November 2022,Pemerintah Indonesia untuk mengenang jasa jasa pahlawan ini di kenang dalam pecahan uang rupiah. 

Hal ini ditetapkan dalam Keputusan Presiden (Keppres)Nomor 13 Tahun 2022 tentang Penetapan Gambar Pahlawan nasional Sebagai Gambar Utama pada Bagian Depan Rupiah Kertas NKRI.

Ada 8 sosok pahlawan yang diabadikan dalam uang Rupiah, seperti Ir Soekarno dan Mohammad Hatta. Sam Ratulangi, Raden Djoeanda Kartawidjaja, Frans Kaisiepo, Idham Chalid, Mohammad Hoesni Thamrin, Cut Meutia dan

Penggunaan gambar dan nama pahlawan nasional ini pun telah mendapat persetujuan dari ahli waris masing-masing pahlawan nasional.

 

1. Rp100.000

Soekarno adalah proklamator kemerdekaan Indonesia sekaligus Presiden Indonesia pertama. Sementara Mohammad Hatta adalah negarawan dan ekonom Indonesia yang menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia pertama.

Dia bersama Soekarno memainkan peranan sentral dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda sekaligus memproklamirkannya pada 17 Agustus 1945.

Wajah Soekarno dan Mohammad Hatta menjadi gambar utama dalam uang kertas pecahan Rp100.000.

 

2. Rp50.000

Pada 28 September 1945, Djuanda menduduki posisi pimpinan para pemuda untuk mengambil alih Jawatan Kereta Api dari Jepang. Kemudian, diangkat oleh pemerintah Indonesia sebagai Kepala Jawatan Kereta Api untuk wilayah Jawa dan Madura. Selain itu, beberapa kali menjabat sebagai Menteri di Indonesia

Berdasarkan Keputusan RI No.224/1963, Ir Djuanda pun menjadi tokoh nasional. Saat ini, Djuanda Kartawidjaja menjadi gambar utama uang kertas pecahan Rp50.000.

 

3. Rp20.000

Sam Ratulangi menjadi gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp20.000. Sam Ratulangi mempunyai nama lengkap, Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi (GSSJ Ratulangi).

Dia sempat berprofesi sebagai politikus, jurnalis, dan guru dari Sulawesi Utara. Seorang tokoh multidimensional yang dikenal dengan filsafatnya Si tou timou tumou tou yang artinya manusia baru dapat memanusiakan manusia.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut