get app
inews
Aa Read Next : Biografi KH Abdul Chalim Leuwimunding: Demi RI Merdeka, Jalan Kaki 14 Hari ke Surabaya Dirikan NU

Viral Indonesia Punya 5 Tempat Bersalju, Gak Perlu Ke Luar Negeri

Minggu, 30 Oktober 2022 | 22:28 WIB
header img
Tempat bersalju di Indonesia. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Ada tempat bersalju di Indonesia. Rupanya, salju tidak hanya dapat dijumpai di luar negeri. Ternyata ada beberapa tempat di Indonesia terdapat salju yang wajib dikunjungi. Lantas, dimana saja lokasi tersebut?

Berikut ini deretan tempat bersalju di Indonesia:

1. Puncak Mandala
Tempat bersalju di Indonesia pertama ada Puncak Mandala. Memiliki ketinggian 4.760 dan menjadi puncak tertinggi kedua setelah Gunung Jaya Wijaya.

Suhu udara di Puncak Mandala terkadang dapat mencapai di titik beku, yaitu 0 derajat celcius hingga minus tak terhingga. Sama halnya dengan puncak Jaya Wijaya, puncak Mandala awalnya diselimuti oleh salju. Meski demikian, pada 2003 salju tersebut telah mencair akibat dari pemanasan global.

2. Dataran Tinggi Dieng
Tempat bersalju di Indonesia kedua ada Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Dataran tinggi Dieng berada pada 1.600 sampai 2.100 mdpl. Letaknya di atas ketinggian membuat suhu udara di dataran tinggi dieng bisa mencapai 12-20 derajat celcius pada siang hari, sedangkan di malam hari suhu udara bisa lebih dingin lagi, yaitu berkisar 6-10 derajat celcius. Dengan demikian, Dieng dapat mengeluarkan embun salju.

3. Pegunungan Jayawijaya
Tempat bersalju di Indonesia ketiga ada Pegunungan Jayawijaya. Tempat ini menjadi salah satu dari tujuh puncak tertinggi di dunia dan suhu udara di gunung tersebut bisa mencapai 2 derajat celcius. Dengan demikian, Pegunungan Jayawijaya menjadi wilayah yang selalu diselimuti salju.

4. Gunung Semeru
Tempat bersalju di Indonesia keempat ada Gunung Semeru, Malang dan Lumajang, Jawa Timur. Memiliki ketinggian 3.676 mdpl. Suhu udara di gunung satu ini cukup dingin yang terkadang mencapai -2 derajat celcius. Tak heran jika beberapa kesempatan, Gunung tersebut dapat mengeluarkan salju.

5. Puncak Sumantri Brodjonegoro
Tempat bersalju di Indonesia terakhir ada Puncak Sumantri Brodjonegoro. Memiliki ketinggian 4,870 mdpl, dengan suhu udara -1 derajat celcius. Gunung Sumantri masuk ke dalam wilayah Papua Barat dan memiliki kawasan berupa hutan gunung, hutan Dipterokarp dan Dipterokarp Atas serta hutan Montane.

Itulah tempat bersalju di Indonesia, tempat mana yang ingin kalian datangi?

Editor : Windi Trikusumawati

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut