Logo Network
Network

19 Sampo Unilever Ditarik dari Peredaran di Amerika Diduga Pemicu Kanker, Ini Zat Berbahayanya

Tim Liputan
.
Jum'at, 28 Oktober 2022 | 18:43 WIB
19 Sampo Unilever Ditarik dari Peredaran di Amerika Diduga Pemicu Kanker, Ini Zat Berbahayanya
19 sampo produksi Unilever ditarik dari peredaran di Amerika Serikat (Foto: MNC media)

JAKARTA, iNewsCirebon.id - 19 sampo produksi Unilever ditarik dari peredaran di Amerka Serikat dan dinyatakan terkontaminasi bahan kimia Benzena (Benzen) yang dapat memicu kanker pada manusia.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia dalam keterangannya menjelaskan bahwa cemaran Benzen diduga berasal dari propelan. Bahan kimia ini bisa mengganggu kesehatan termasuk menyebabkan kanker.

Propelan merupakan bahan pendorong yang dibutuhkan produk dalam bentuk sediaan aerosol sebagai pendorong agar isi produk keluar dari kemasan dengan tekanan tertentu.

Bahan yang digunakan sebagai propelan berupa gas yang dicairkan seperti turunan fluoroklorometana, etana, propana, butana, dan pentana, atau gas yang dimampatkan seperti karbon dioksida (CO2), Nitrogen (N2), dan Nitrosa.

"Senyawa Benzen yang terbentuk akibat reaksi kimia ini terurai menjadi senyawa yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan pada manusia termasuk menyebabkan kanker," ungkap BPOM dalam keterangannya seperti yang dilansir dari okezone.com, Jumat (28/10/2022).

Baru-baru ini, senyawa Benzen dikatakan berbahaya setelah Food and Drug Administration AS menarik sekitar 19 produk sampo dari Unilever. 19 produk sampo tersebut dinyatakan telah tercemar bahan kimia Benzen.

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini