get app
inews
Aa Read Next : Mitos Batu Lawang Cirebon, Kisah Sunan Bonang Mengeluarkan Ular Welang di Tubuh Nyi Mas Gandasari

Begini Kisah Nyi Mas Gandasari yang Petilasannya Porak Poranda Diterjang Pohon Tumbang

Sabtu, 04 Desember 2021 | 11:27 WIB
header img
Petilasan atau situs Nyi Mas Gandasari yang porak poranda diterjang pohon tumbang (Foto: Dede Kurniawan)

Acara karnaval yang diselenggarakan oleh Desa Kasugengan Kidul (Ngunjung Buyut) semakin tertata rapih dan elegan, terbukti mulai beberapa tahun belakangan ini para peserta karnaval diperlombakan dengan metode penilaian dilihat dari tingkat estetika seni pembuatannya. Dan setiap tahunnya peserta karnaval semakin bertambah, terutama peserta yang berasal dari luar warga Kasugengan Kidul itu sendiri.

Acara Ngunjung Buyut yang rutin dilakukan oleh warga Desa Kasugengan Kidul adalah salah satu bagian dari kegiatan pelestarian adat desa dimana pemerintahpun sangat mendukung kegiatan tersebut karena sebagai bagian dari Program Pelestarian Budaya Nusantara.

Karena Kesenian rakyat, adat tradisi, kebudayaan dan lain sebagainya tidak akan pernah ada dan mampu bertahan lama jika bukan kita sebagai penerus pewaris keturunan dari nenek moyang kita terdahulu yang telah menciptakannya.

Pelestarian adat desa adalah salah satu bentuk penghormatan kita sebagai penerus (anak cucu) terhadap jasa-jasa Sang Kreator (nenek moyang) kita.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut