get app
inews
Aa Read Next : Biografi KH Abdul Chalim Leuwimunding: Demi RI Merdeka, Jalan Kaki 14 Hari ke Surabaya Dirikan NU

Bikin Kaget, Ini 6 Negara Pernah Menjadi Bagian Indonesia, No 3 Tak Disangka

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 20:56 WIB
header img
Daftar negara yang dulunya pernah menjadi bagian Indonesia. (Foto: https://thamrinnine.com)

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Daftar negara yang dulunya pernah menjadi bagian Indonesia. Tak banyak yang tau bahwa wilayah Nusantara mencakup sebagian besar wilayah Indonesia pada masa sekarang ditambah dengan beberapa wilayah negara di sekitarnya. Lantas apa saja daftar negara yang dulunya pernah menjadi bagian Indonesia?

Berikut ini daftar negara yang dulunya pernah menjadi bagian Indonesia:

1. Singapura
Daftar negara yang dulunya pernah menjadi bagian Indonesia urutan pertama ada Singapura. Singapura yang dulu bernama Temasek tercatat dalam kitab Negarakertagama sebagai salah satu wilayah kekuasaan Kerajaan Majapahit.

2. Malaysia
Daftar negara yang dulunya pernah menjadi bagian Indonesia urutan kedua ada Malaysia. Negara tetangga ini memiliki wilayah yang sangat strategis. Berdasarkan catatan sejarah, Kerajaan Sriwijaya pernah menguasai wilayah Malaysia pada abad 8 M.

Bahkan setelah Indonesia merdeka, Presiden Soekarno juga pernah ingin memasukkan Malaysia ke wilayahnya.

3. Kamboja
Daftar negara yang dulunya pernah menjadi bagian Indonesia urutan ketiga ada Kamboja. Kerajaan Sriwijaya tercatat pernah melakukan invasi militer ke wilayah utara yang kini dikenal sebagai Kamboja pada abad ke-7 dengan ditemukannya prasasti di tepi Sungai Mekong.

4. Filipina
Daftar negara yang dulunya pernah menjadi bagian Indonesia urutan keempat ada Filipina. FIlipina terjadi pada masa kekuasaan Raja Hayam Wuruk. Penaklukan ini merupakan perwujudan Sumpah Palapa oleh Patih Gajah Mada yang bertekad menyatukan wilayah Nusantara.

5. Brunei Darussalam
Daftar negara yang dulunya pernah menjadi bagian Indonesia berikutnya ada Brunei Darussalam. Negara yang dipimpin oleh Sultan Haji Hassanal Bolkiah ini pernah menjadi daerah kekuasaan Kerajaan Sriwijaya pada abad ke-9.

6. Timor Leste
Daftar negara yang dulunya pernah menjadi bagian Indonesia terakhir ada Timor Leste. Sebelum memisahkan diri dari Indonesia, Timor Leste merupakan salah satu wilayah kesatuan dengan Indonesia.

Itulah daftar negara yang dulunya pernah menjadi bagian Indonesia.

Editor : Windi Trikusumawati

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut