Logo Network
Network

Cara Bayar PBB di Indomaret dan Alfamart, Mudah dan Cepat

Dede Kurniawan/Net Cirebon
.
Sabtu, 24 September 2022 | 16:31 WIB
Cara Bayar PBB di Indomaret dan Alfamart, Mudah dan Cepat
Cara bayar PBB di Indomaret dan Alfamart, mudah dan cepat. (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNewsCirebon.id Cara bayar PBB di Indomaret dan Alfamart, mudah dan cepat. Bisakah bayar PBB di Indomaret dan Alfamart? Tentu bisa! Cara bayar PBB di Alfamart dan Indomaret sangat mudah dilakukan dan bakal menghemat waktu sekali. 

Pajak bumi dan bangunan adalah pajak yang dipungut atas tanah dan bangunan karena adanya keuntungan dan/atau kedudukan sosial ekonomi yang lebih baik bagi orang atau badan yang mempunyai suatu hak atasnya atau memperoleh manfaat dari padanya.

Tarif Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang dikenakan atas Objek Pajak adalah tarif tunggal yaitu sebesar 0,5%. Objek pajak lainnya (pedesaan dan perkotaan): apabila NJOP-nya ≥ Rp1.000.000.000,00 adalah 40% apabila NJOP-nya < Rp1.000.000.000,00 adalah 20%.

Tarif Pajak Bumi dan Bangunan Terbaru 2022. Sebelum UU HKPD ini terbit, tarif PBB adalah berkisar antara 0,1 - 0,3%. Sementara itu seperti yang telah disebutkan sebelumnya, NJKP berkisar antara 20 - 100% dari NJOP - NJOP Tidak Kena Pajak.

Dalam peraturan Pajak Bumi dan Bangunan terbaru 2022, tarif PBB terbaru diatur pada Pasal 41. Disebutkan bahwa tarif PBB P2 ditetapkan paling tinggi sebesar 0,5 persen. Tarif PBB P2 yang berupa lahan produksi pangan dan ternak ditetapkan lebih rendah daripada tarif untuk lahan lainnya.

Cara bayar PBB di Indomaret dan Alfamart ini tentunya sangat mudah untuk dilakukan dan menghemat waktu. Namun, sebelum membayar Anda harus mengetahui terlebih dahulu berapa jumlah tagihan PBB yang harus dibayarkan, nominalnya tertera dalam surat pemberitahuan pajak terutang atau SPPT.

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini