get app
inews
Aa Read Next : IAI Kabupaten Cirebon Edukasi Penggunaan Obat Selama Ramadhan

7 Simbol Obat yang Perlu Diketahui, Yuk Kenali!

Rabu, 07 September 2022 | 20:47 WIB
header img
Simbol Obat-Obatan (Foto: Okezone/Istimewa )

2. Obat simbol biru tua berlingkaran hitam

Obat jenis ini merupakan obat bebas namun terbatas. Meski untuk membelinya Anda tidak memerlukan resep dokter, namun obat ini memiliki kandungan yang tergolong keras sehingga harus berhati-hati dalam menggunakannya. 

Biasanya golongan obat ini bisa anda temui pada obat-obatan influenza yang memiliki efek kantuk. Namun jangan khawatir karena obat tersebut sudah memiliki petunjuk penggunaan dalam kemasannya. 

3. Obat dengan Simbol “K” berwarna merah dan lingkaran hitam

Simbok “K” berwarna merah dan berlingkaran hitam ini merupakan golongan dari obat keras dan psikotropika. Psikotropika yang dimaksud bukanlah golongan narkotika karena secara alamiah dan sintesisnya berbeda. 

Obat psikotropika yang dimaksud adalah obat-obatan yang dapat memberikan pengaruh pada susunan sistem saraf pusat (SPP). Pengaruh pada SPP bisa menyebabkan gejala yang khas, seperti halusinasi, gangguan cara berpikir, dan lain-lain. 

Maka dari itu, obat dengan simbol “K” ini harus dikonsumsi secara hati-hati dan sesuai dengan resep dokter. Karena jika tidak akan membahayakan penggunanya, seperti tubuh teracuni, memperparah penyakit, bahkan kematian. 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut