get app
inews
Aa Read Next : Kampung Sabin Cirebon: Destinasi Wisata Nuansa Bali Lengkap Harga Tiket, Rute, dan Tips Berkunjung

Menakjubkan! 10 Desa Tertinggi di Indonesia Bisa Jadi Destinasi Wisata Menghilangkan Kejenuhan

Selasa, 16 Agustus 2022 | 17:53 WIB
header img
Desa Ranupani, Lumajang (Foto: Kemenparekraf)

MENAKJUBKAN 10 desa tertinggi di Indonesia ini berada di ketinggian ribuan meter di atas permukaan laut dan bisa jadi destinasi wisata menghilangkan kejenuhan.

Desa-desa tertinggi ini biasanya mempunyai pemandangan alam yang luar biasa hingga suhu udara yang dingin.

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kontur tanah berupa perbukitan dan pegunungan. Hal ini menjadikan beberapa daerah di Indonesia berada di ketinggian ribuan meter di atas permukaan laut. Tak heran mengapa terdapat desa tertinggi di Indonesia.

Berikut 10 desa tertinggi yang ada di Indonesia: 

1. Desa Hargo Dalem, Gunung Lawu

Desa tertinggi di Indonesia yang pertama adalah Desa Hargo Dalem. Desa ini terletak di Jawa Tengah khususnya 

Gunung Lawu. Gunung Lawu memiliki tiga puncak, salah satunya Hargo Dalem yang mempunyai ketinggian sekitar 3.265 meter diatas permukaan laut.

2. Distrik Mulia, Gunung Jayawijaya

Gunung Lawu bukan satu-satunya gunung yang memiliki desa tertinggi di Indonesia. Gunung Jayawijaya juga memiliki desa tertinggi yang bernama Distrik Mulia.

Distrik Mulia sendiri berada di ketinggian 2.448 mdpl, yang mana juga mengakomodasi sebuah bandara dengan nama Bandara Mulia. Banyak yang mengira bahwa Distrik Mulia merupakan titik awal pendakian Gunung Jayawijaya. Padahal, faktanya tidak sama sekali.

3. Desa Sembungan, Wonosobo

Desa tertinggi di Indonesia selanjutnya berada di dataran tinggi Dieng, atau disebut juga sebagai Dieng Plateau. Dieng Plateau merupakan sebuah wilayah di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Salah satu nama desa yang paling terkenal sebagai desa tertinggi yaitu bernama Desa Sembungan. Lokasinya berada di kaki Gunung Sikunir dan juga dijadikan titik start untuk pendakian menuju puncak Gunung Sikunir.

Desa Sembungan juga menjadi desa tertinggi di Pulau Jawa. Desa tersebut berada di ketinggian 2.300 mdpl. 

Jika kalian berwisata ke dataran tinggi Dieng, cobalah untuk mendaki Gunung Sikunir yang terkenal dengan pemandangan Golden Sunrise-nya. Kalian bisa menginap semalam di Desa Sembungan, lalu di pagi buta baru melakukan pendakian ke puncak Sikunir untuk berburu sunrise.

4. Desa Ranupani, Lumajang

Desa tertinggi di Indonesia berikutnya yaitu Desa Ranupani atau Ranu Pane. Desa ini terletak di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Desa Ranupani juga merupakan tempat basecamp resmi pendakian Gunung Semeru. Lokasinya berada di ketinggian 2.100 mdpl.


Ranupani sebenarnya adalah sebuah nama danau kecil. Kemudian berdiri banyak pemukiman sehingga menjadi sebuah desa. Apabila kalian akan mendaki Gunung Semeru, maka kalian akan berada di desa tersebut.

Lokasinya sudah cukup tinggi dan tentu sangat dingin. Pendakian ke Semeru sendiri dapat dikatakan mudah-mudah sulit.

Dikatakan mudah, karena titik start sudah tinggi dan kita akan banyak berjalan di trek datar. Dikatakan sulit, karena trek ke puncak Semeru cukup panjang dan memakan waktu pendakian 2 hingga 3 hari.

5. Desa Argosari, Bromo Tengger

Desa tertinggi di Indonesia berikutnya yaitu Desa Argosari yang akrab dengan sebutan B29. B29 merupakan nama untuk sebuah puncak di Kecamatan Senduro, Lumajang, Jawa Timur, yang tak jauh dengan jalur Ranupani Semeru. 

Dari puncak ini, pendaki dapat melihat Gunung Bromo dan gunung di sekitarnya. Pemandangannya indah, seperti lukisan, ditambah dengan keberadaan Desa Argosari. Tak heran apabila pemukiman ini masuk dalam salah satu desa tertinggi di Indonesia, karena berada pada ketinggian 2.000 mdpl.

6. Kampung Deiyai, Papua

Deiyai merupakan sebuah wilayah di dataran tinggi di Provinsi Papua. Wilayah tersebut berada di ketinggian 1700 mdpl.

Di wilayah ini terdapat sebuah danau besar yang sudah ada sejak zaman purba yang bernama Danau Tigi. Danau tersebut juga berada di ketinggian 1700 mdpl.

Tak jauh dari danau tersebut, terdapat pemukiman yang juga menjadi salah satu pemukiman tertinggi di Indonesia.

7. Kampung Bena, Flores

Kampung Bena merupakan sebuah kampung adat yang terletak di wilayah Bajawa, Flores, NTT. Kampung Bena ini adalah sebuah kampung tradisional yang tidak tersentuh teknologi dan juga sudah ditetapkan menjadi warisan budaya oleh UNESCO.

Di NTT sendiri banyak terdapat desa-desa yang masuk dalam kategori desa tertinggi karena memang lokasinya berada di atas rata-rata. Kampung Bena ini sendiri berada di ketinggian 1700 mdpl. Apabila kalian ingin mendaki Gunung Inerie, jangan lupa singgah ke Kampung Bena.

8. Desa Fatumnasi, Timor Tengah Selatan

Desa tertinggi di Indonesia berikutnya yaitu Desa Fatumnasi. Desa ini terletak di Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT.

Desa tersebut merupakan lokasi basecamp pendakian menuju Gunung Fatu Timau. Lokasi Desa Fatumnasi sendiri berada di ketinggian 1400 mdpl.

Sebenarnya, Desa Fatumnasi memiliki wilayah yang cukup luas dan berada di dua gunung yakni Gunung Fatu Timau dan Gunung Mutis.

Wilayahnya juga memiliki spot-spot sangat menarik yaitu berupa batuan karst dan juga lembah. Lembah di lereng gunung Fatu Timau dan Mutis termasuk dalam jajaran lembah terindah di Indonesia.

9. Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Tana Toraja merupakan sebuah wilayah kabupaten di provinsi Sulawesi Selatan. Lokasinya juga merupakan sebuah dataran tinggi dan sangat terkenal dengan warisan budayanya. Wilayah Tana Toraja berada di ketinggian 1400 mdpl.

Lokasinya memang berada di lereng-lereng pegunungan besar di Sulsel seperti di Pegunungan Latimojong.

Tana Toraja sangat terkenal dengan budayanya seperti Tradisi Ma’nene, tradisi khas Tana Toraja yang juga telah dijadikan wisata populer yang berlokasi di Baruppu, di Toraja Utara.

Tradisi ini merupakan tradisi membersihkan dan mengganti baju jenazah leluhur Toraja. Selain itu, terdapat pula tradisi Upacara Rambu Solo, Kete Kesu dengan rumah Tongkonan Toraja, dan kompleks kuburan Toraja, Londa yang berada di sebuah tebing batu Toraja. 

10. Berastagi, Sumatera Utara

Berastagi merupakan sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Wilayah tersebut berada di ketinggian 1300 mdpl. 

Lokasinya berada di lereng gunung api terkenal di Sumut yaitu Gunung Sinabung, Gunung Sibayak, dan Gunung Sibuatan. Berastagi dikenal sebagai wilayah yang dingin. Jika kalian ingin mendaki gunung-gunung tadi, jangan lupa untuk mampir di Berastagi.

Itu dia uraian mengenai Desa Tertinggi di Indonesia yang wajib Anda kunjungi.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut