get app
inews
Aa Read Next : 6 Negara Ini Miliki Transportasi Publik Ternyaman di Dunia, Ada Negara Tetangga

10 Harta Karun di Indonesia Tersebar di Berbagai Wilayah Tanah Air, Disini Lokasinya

Minggu, 14 Agustus 2022 | 19:40 WIB
header img
Sebagai negara yang pernah mengalami penjajahan, Indonesia banyak memiliki cerita, terutama terkait harta peninggalan, beberapa dikenal dengan nama harta karun. (Foto: Ilustrasi/Antara)

4. Harta karun Sriwijaya

Sebagai salah satu kerajaan yang besar dan dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, Sriwijaya juga menyimpan seribu kisah yang luar biasa. Salah satu kisah yang menjadi topik hangat di kalangan masyarakat adalah penyimpanan harta karun tersembunyi. 

Penemuan fantastis yang masih terbilang baru adalah penemuan patung. Dengan memiliki harga setara Rp4 miliar. Patung tersebut ditemukan tepat di Pulau Musi, dan dengan adanya penemuan ini, maka kemungkinan masih ada banyak peninggalan lainnya.

Banyak warga di Sungai Musi yang terus memburu harta karun yang tersembunyi karena nilainya yang fantastis. 

5. Harta karun Singosari

Sebagai bagian dari kerajaan yang luas dan berilmu tinggi, Singosari juga menyimpan banyak sejarah. Beredar kabar bahwa harta karun peninggalannya begitu besar, namun sulit untuk mendapatkannya.

Hal ini karena banyak yang meyakini bahwa peninggalan Singosari dijaga oleh makhluk tak kasat mata. Sudah ada berbagai penemuan yang mengatakan bahwa penemuan ini berasal dari Kerajaan Singosari. 

Penemuan ini berupa serpihan tembikar, teko, keramik porselen, perunggu, cucuk atau kendi dan masih banyak lagi. Penemuan ini bahkan melibatkan banyak pihak, baik dari pemerintah hingga masyarakat.

Karena penemuan inilah, semakin banyak kalangan masyarakat hingga arkeolog mencari tahu, tentang tata letak Kerajaan Singosari yang lain.

6. Harta karun Hindu Kuno

Di masa lalu, banyak wilayah melakukan perputaran uang menggunakan emas. Dari berbagai penelitian inilah, banyak beredar bahwa peninggalan masa lalu memiliki nilai cukup besar.

Salah satu harta karun yang cukup besar adalah harta karun hindu kuno. Banyak yang mempercayai harta karun ini tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Harta karun tersebut diduga mencakup emas, perak, perunggu, senjata dan sebagainya. 

7. Harta karun Kapal Flor Do Mar

Portugis menjadi sebuah negara yang turut menjajah Indonesia. Banyak kapal laut yang berlayar di laut Nusantara untuk mengambil berbagai bahan pokok dalam pemenuhan kebutuhan negaranya. 

Salah satu yang terkenal di masa penjajahan terdahulu adalah kapal Flor Do Mar. Kapal ini diperkirakan tenggelam di sekitar lautan Indonesia pada 1512 dan meninggalkan harta karun mencapai Rp170 triliun.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut