Logo Network
Network

Jalin Kerja Sama dengan Perusahaan Jepang, Pemerintah Perbanyak Program Magang  

Iqbal Dwi Purnama
.
Senin, 28 November 2022 | 14:33 WIB
Jalin Kerja Sama dengan Perusahaan Jepang, Pemerintah Perbanyak Program Magang  
Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) memperbanyak program magang setelah menjalin kerja sama dengan perusahaan Jepang. Foto: Kemenaker

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menjalin kerja sama dengan Asosiasi Permagangan Luar Negeri (AP2LN) dan perusahaan Jepang, JOE Cooperative untuk memperluas akses magang mahasiswa ke luar negeri. 

Dalam kerja sama tersebut, dilakukan pengiriman alumni BLK ke Jepang sebagai pemagang teknis pada jenis kerja yang sama/serupa dengan keahlian teknis yang mereka pelajari di Indonesia. 

"Kemnaker memberikan bantuan pembiayaan melalui pelatihan di BLK, sedangkan JOE memberikan subsidi pendidikan yang substansial kepada LPK/SO untuk memberikan pelatihan lanjutan sebelum diberangkatkan ke Jepang," ujar Sekretaris Jenderal Kemenaker Anwar Sanusi melalui keterangan resminya, Senin (28/11/2022). 

Dia melanjutkan Kemenaker, JOE Cooperative, dan AP2LN berkomitmen untuk menjadikan program ini sebagai program minim biaya, sehingga tidak membebankan para kandidat. 

Adapun sepanjang 2022, peserta yang akan diberangkatkan ke Jepang melalui program ini adalah 160 siswa. Berdasarkan performa pada 2022, pihak-pihak terkait sepakat untuk meningkatkan pengiriman ke Jepang melalui skema yang sama di tahun-tahun berikutnya. 

Dia optoimistis kerja sama dengan JOE Cooperative ini akan semakin besar dan berkembang di balai-balai pelatihan vokasi lainnya. Sehingga mampu mengentaskan pengangguran di Indonesia, dan bisa lahir sumber daya manusia yang telah terlatih sebagai pemagang teknis di Jepang. 

Oleh karena itu, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada JOE Cooperative atas kerja sama tersebut. Dia berharap di masa yang akan datang kolaborasi terus berlanjut dengan adanya peningkatan dan pengembangan kerja sama saling menguntungkan. 

"Ini merupakan bagian penting dari generasi emas Indonesia. Karena saat ini kita mengenal yang namanya bonus demografi. Manfaat kesempatan dengan sebaik-baiknya. Kemnaker ingin melakukan yang terbaik," tandasnya.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Bagikan Artikel Ini