get app
inews
Aa Read Next : 8 Pemandian Air Panas di Jawa Barat dengan Pemandangan Terbaik

4 Pahlawan Nasional dari Jawa Barat: No 2 PM Indonesia Ke-10, Inisiator  Deklarasi Djuanda

Rabu, 10 November 2021 | 08:47 WIB
header img
Pahlawan Nasional asal Jawa Barat kelahiran Tasikmalaya, KH Zainal Mustofa.(Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Untuk mengenang jasa para pahlawan, maka setiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Setiap daerah di Indonesia memiliki orang-orang tertentu yang diberikan gelar pahlawan karena jasanya. Tidak terkecuali dengan Jawa Barat

Dilansir dari berbagai sumber pada Rabu (10/11/2021), berikut ini pahlawan nasional dari Jawa Barat: 

1. KH Zainal Mustafa 

Sosok KH Zainal Mustafa dikenal karena khutbahnya yang dengan tegas menolak sikap kolonialisme penjajah. Ia lahir di kampung Bageur, Desa Cimerah, Singaparna, Tasikmalaya pada 1899 di keluarga yang berkecukupan.

Menurut sumber, ia menempuh pendidikan formal di Sekolah Rakyat sebelum belajar ilmu agama di pesantren yang tersebar di Jawa Barat selama 17 tahun.

Pada 1927, ia kembali ke Tasikmalaya dan mendirikan Pesantren Sukamanah, dan bergabung dengan NU pada 1933. Pidato yang disuarakannya pada kegiatan dakwah di tahun 1940 mulai meyadarkan masyarakat dan memupuk kebencian terhadap penjajahan yang dilakukan oleh Belanda. 

Hingga pada 17 November 1941, Zaenal Mustofa ditahan tentara Belanda dan dibebaskan Januari 1942. Setelahnya, ia melakukan rencana pemberontakan terhadap pemerintah Jepang dengan menyiapkan taktik serangan dua arah yang dilancarkan pada 25 Februari 1944.

Karena aksi patriotiknya melawan pemerintahan Belanda dan Jepang, pada 6 November 1972, dia diangkat menjadi salah satu pahlawan nasional dari Jawa Barat.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut