get app
inews
Aa Read Next : Ini Sosok Jenderal TNI Gatot Subroto, Namanya Ada di Setiap Daerah

10 Pahlawan Nasional Lahir di Bulan Agustus, Ada Proklamator hingga Pelopor Sumpah Pemuda

Kamis, 03 Agustus 2023 | 19:38 WIB
header img
Moh Hatta. Foto: Ist

JAKARTA, iNews.id - Bulan Agustus tidak hanya diperingati sebagai bulan Kemerdekaan Republik Indonesia, tetapi juga sebagai bulan kelahiran para pejuang kemerdekaan.

Paling tidak terdapat 10 pahlawan nasional yang lahir pada bulan yang memiliki makna sejarah penting bagi bangsa Indonesia. Siapakah mereka?

Berikut adalah ringkasan dari situs Kementerian Sosial:

1. Hamengku Buwono I

Sri Sultan Hamengkubuwono I merupakan pendiri dasar-dasar Kesultanan Yogyakarta. Dikenal sebagai Raden Mas Sujana, ia dianggap sebagai sultan yang hebat seperti Sultan Agung.

Lahir di Kartasura, Mataram pada 4 Agustus 1717, berkat perjuangannya melawan Belanda, ia diakui sebagai Pahlawan Nasional oleh pemerintah Republik Indonesia pada 10 November 2006.

2. K. H. Idham Chalid

Idham Chalid adalah figur penting dalam dunia agama, organisasi Islam Nahdlatul Ulama (NU), serta pendiri dan pemimpin Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Lahir pada 27 Agustus 1921 di Satui, Onderafdeeling Tanah Laoet, Hindia Belanda.

Idham Chalid pernah menjadi Wakil Perdana Menteri Indonesia dalam Kabinet Ali Sastroamidjojo II dan Kabinet Djuanda. Dia juga menduduki posisi Ketua MPR dan Ketua DPR.

Pada era pemerintahan Presiden Soeharto, Idham Chalid menjabat sebagai Menteri Kesejahteraan Rakyat, Menteri Sosial Ad Interim, dan Ketua DPA.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut