get app
inews
Aa Read Next : 10 Pahlawan Nasional Lahir di Bulan Agustus, Ada Proklamator hingga Pelopor Sumpah Pemuda

Ini Sosok Jenderal TNI Gatot Subroto, Namanya Ada di Setiap Daerah

Jum'at, 09 Desember 2022 | 15:41 WIB
header img
Jenderal TNI Gatot Subroto, namanya ada di setiap daerah. Foto: Istimewa.

JAKARTA, iNewsCirebon.idIni sosok Jenderal TNI Gatot Subroto, namanya ada di setiap daerah. Gatot Subroto, nama yang tidak asing di telinga masyarakat lantaran diabadikan menjadi nama jalan.

Gatot Subroto merupakan Pahlawan Nasional yang juga menyandang pangkat Jenderal. Namun jarang yang mengetahui bagaimana sepak terjang Pahlawan Nasional yang satu ini. 

Lantas seperti apa sosok Jenderal TNI Gatot Subroto? namanya banyak diabadikan sebagai nama jalan. Dikutip dari SINDOnews.com, Jumat (9/12/2022) berikut sosok Jenderal TNI Gatot Subroto.

Sosok Jenderal TNI Gatot Subroto:

1. Pernah Jadi Pegawai Sebelum Masuk Militer

Pria kelahiran 10 Oktober 1909 ini sempat bekerja sebagai pegawai sebelum masuk ke militer.

Pada tahun 1923, dia meninggalkan pekerjaannya dan memutuskan untuk masuk ke dunia militer dengan masuk sekolah militer di Magelang.

Setelah menjalani pendidikan militer, pria asal Banyumas ini menjadi anggota KNIL het Koninklijke Nederlands(ch)-Indische Leger (Tentara Hindia Belanda). Ketika Perang Dunia II bergejolak tahun 1939, Indonesia lalu diduduki oleh Jepang. 

2. Ikuti Latihan PETA

Pada masa ini Gatot Subroto lantas mengikuti pendidikan Tentara Pembela Tanah Air (PETA) di Bogor. Latar belakang terbentuknya PETA ini rupanya berawal dari surat Gatot Mangkupraja kepada Gunseikan (kepala pemerintahan militer Jepang) pada bulan September 1943. 

Surat tersebut berisi permohonan agar bangsa Indonesia diperkenankan membantu pemerintahan Jepang di medan perang. PETA merupakan tempat dimana Gatot Subroto melebarkan sayapnya. 

Setelah tamat dari pendidikan PETA, Gatot Subroto kemudian diangkat pemerintah Jepang menjadi komandan kompi di Sumpiuh, Banyumas dan tidak berapa lama kemudian dinaikkan menjadi komandan batalyon.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut