get app
inews
Aa Read Next : Kominfo Jalin Kerjasama Peningkatan Literasi Digital dengan PCNU Kabupaten Cirebon

Simak! Tips Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi

Sabtu, 06 November 2021 | 11:48 WIB
header img
Ilustrasi perguruan tinggi. (Foto: Moneter)

JAKARTA, iNews.id -  Memilih jurusan pada fase perguruan tinggi adalah babak baru yang sangat penting dalam menentukan masa depan dan arah hidup seorang siswa setelah kelulusannya di Sekolah Menengah Atas.

Ada sebagian yang masih menghadapi dilema dalam memilih antara dua jurusan yang disukai.  

Bahkan, sebagiannya lagi belum tahu jurusan mana yang sesuai dengan kemampuannya.

Ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan, dan ada juga hal yang memang perlu kamu terapkan agar tidak menyesal di kemudian hari. Salah satunya adalah mempertimbangkan keuntungan dan konsekuensi atas pilihan kamu. 

Untuk membulatkan keputusan dalam memilih jurusan kuliah, sebaiknya berkonsultasi dengan orangtua. Orangtua dapat membantu mengidentifikasi minat dan membantu menemukan pilihan yang tepat.

Tidak ada salahnya juga untuk berkonsultasi dengan tutor atau konselor di bimbel pada sebuah lembaga pendidikan.

Saat memilih jurusan, pastikan untuk mengetahui dengan jelas persoalan dan konsekuensi yang mungkin dihadapi selama studi sehingga dapat menjadi motivasi saat menempuh perjalanan studi di perguruan tinggi.

Selain keuntungan dan konsekuensinya, biaya kuliah juga hal yang selalu diperhatikan oleh banyak siswa saat ingin memilih jurusan kuliah. Jika ingin merantau, tentunya harus mempertimbangkan biaya kuliah serta biaya hidup yang akan dikeluarkan setelahnya. 

Namun, jangan sampai hal ini menjadi kendala untuk kuliah di jurusan dan universitas impian kamu. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat pengeluaran kamu. Salah satunya dengan mengajukan permohonan beasiswa serta bekerja paruh waktu atau menjadi freelancer. 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut