get app
inews
Aa Read Next : Kisah Kopka Azmiadi Gadai Motor demi Sewa Alat Berat untuk Urai Kemacetan

Kisah Fadlul Rohman, Anak Petani yang 9 Kali Gagal Tes Akhirnya Tembus Akmil

Sabtu, 23 Juli 2022 | 17:00 WIB
header img
Kisah anak petani yang 9 kali gagal tes hingga tembus akmil (Foto: Dispenad)

JAKARTA, iNews.id - Kisah inspiratif datang dari anak petani yang tak menyerah meski sembilan kali gagal tes TNI. Dia bernama Fadlul Rohman, akhirnya bernapas lega karena lolos dites kesepuluh. Fadlul Rohman rupanya pernah gagal masuk tes di bintara AD dan Akademi Angkatan Udara atau AAU.

"Alhamdulillah perasaan saya sangat bahagia (diterima menjadi Taruna Akmil), saya sudah 10 kali mendaftar," kata Fadlul dalam video di akun resmi YouTube TNI AD, dikutip Minggu (26/6/2022).

Anak ke-8 dari sembilan bersaudara ini menceritakan, sejak kecil dirinya memang bercita-cita menjadi anggota TNI. Tak heran lulus dari MAN 2 Banyuwangi pada 2016, dia pun memutuskan untuk mendaftar Akmil.

Kala itu dia mengikuti tes di Kodam V/Brawijaya. Nasib baik belum berpihak. Fadlul gagal di tingkat sub panitia daerah (Panda). Kegagalan itu sempat membuatnya ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

"Ingin kuliah, tapi karena orang tua tidak ada biaya dan saya bingung jug acara mendaftar SBM (SBMPTN), akhirnya saya mendaftar bintara TNI AD," ucap Fadlul.

Namun seperti kala mendaftar Akmil, kali ini nasib mujur juga belum menghampiri. Fadlul gagal, juga di tingkat sub panda Kodam V/Brawijaya.

Tak ingin terpuruk, dia akhirnya bekerja sebagai asisten apoteker di salah satu apotek di Banyuwangi. Pada 2017, tekad untuk menjadi tentara terus berkobar. Fadlul kembali mendaftar Akmil di tahun itu. Lagi-lagi kisah pahit terulang.

Dirinya gagal di tingkat parade. Menyerah? Belum. Fadlul mengulang jejak terdahulu dengan mendaftar bintara TNI AD. Untuk memperbesar peluang mencapai cita-citanya, pemuda kelahiran 10 April 1998 ini juga mendaftar Taruna AAU. Harapan itu sempat membuncah di AAU karena tes demi tes berhasil dilalui. Namun toh akhirnya gagal juga yang didapat.

"Di AAU saya gagal di kesehatan. Katanya detak jantung saya di bawah 60," ujarnya.

Tak ingin menyerah, Fadlul juga memutuskan mendaftar di bintara AU. Sama seperti sebelumnya, dia juga gagal. Setahun berikutnya atau pada 2018, dia kembali meretas asa. Fadlul mendaftar Akmil. Kali ini melalui Kodam Jaya, Jakarta.

Ada cerita tersendiri mengapa dia akhirnya mengikuti seleksi di Ibu Kota. Ini karena orang tua sudah tidak punya biaya sehingga dirinya disarankan untuk tinggal bersama kakaknya di Jakarta.

Sang kakak ternyata seorang anggota TNI berpangkat sersan dua. Di tahun itu Fadlul selain mendaftar Akmil juga mencoba peruntungan masuk AAU. Berbagai tahapan tes dilalui hingga tingkat panda.

Di situlah dirinya harus memilih, mengikuti tes untuk masuk Akmil atau AAU. Fadlul memutuskan untuk tetap masuk Akmil.
Sayangnya, perjalanan panjang itu tak berujung manis.

"Saya gagal," kata dia.

Selain mengasah kemampuan akademis, dia juga terus menempa fisik. Setahun berikutnya atau pada 2019, Fadlul kembali mendaftar Akmil. Perjuangan keras disertai doa selama bertahun-tahun membawa hasil membanggakan.

"Di tingkat panda Alhamdulillah saya juga rangking 1 dan akhirnya lulus," ucapnya. Selama di Jakarta, meski dekat dengan kakaknya, Fadlul tidak tinggal bersama. Dia memilih hidup di salah satu masjid di kompleks perumahan Kodam Jaya di Jatiwarna, Bekasi. Di situ dirinya menjadi takmir.

Editor : Windi Trikusumawati

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut