get app
inews
Aa Read Next : KPU Kabupaten Cirebon Persoalan KPPS 25 Desa Kaliwulu Miskomunikasi

Antisipasi Bencana Alam di Kabupaten Cirebon, Imron Surati Camat

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 05:29 WIB
header img
Bupati Cirebon fokus antisipasi banjir, puting beliung dan longsor (Foto : Istimewa)

KABUPATEN CIREBON, iNews.id - 3 potensi bencana diprediksi akan terjadi di Kabupaten Cirebon pada akhir tahun 2021

ini, ke 3 potensi bencana ini adalah, banjir, angin puting beliung dan longsor. Untuk itu dalam rangka mengantisipasi terjadi bencana yang lebih buruk, Bupati Cirebon, H Imron mengeluarkan surat edaran yang ditunjukkan kepada Camat yang ada di Kabupaten Cirebon.

"Kami meminta kepada seluruh camat untuk membentuk gerakan partisipatif masyarakat melalui kuwu atau kepala desa di masing-masing wilayah," ujar Imron, Jumat (29/10/2021).

Dikatakan Imron, untuk mengantisipasi bencana banjir harus ada gerakan bersih-bersih saluran air dan siapkan sumur resapan air. Antisipasi angin puting beliung dengan cara memangkas dahan-dahan pohon yang rawan tumbang dan cara antisipasi longsor masyarakat harus membuat drainase sifon.

"Kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah ke aliran sungai maupun drainase. Selain itu juga, untuk masyarakat yang bermukim di wilayah beresiko tinggi bencana longsor untuk bisa waspada dan siaga," katanya.

Imron juga mengatakan, harus ada diseminasi informasi peringatan bagi masing-masing wilayah yang rawan bencana. Oleh karena itu, dirinya meminta kepada seluruh perangkat kecamatan hingga desa untuk bisa menyiapkan dan mensosialisasikan tempat evaluasi yang aman dengan mempertimbangkan prokes selama masa pandemi Covid-19.

"Bukan hanya itu, diharuskan mengidentifikasi kebutuhan dan ketersediaan sumber daya yang ada di daerah seperti sumber daya manusia, peralatan dan logistik sesuai rencana yang sudah disusun," tutupnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut