get app
inews
Aa Read Next : Imigrasi Cirebon Pastikan Keberangkatan Perdana 440 Calon Haji dari BIJB Kertajati

Kabar Gembira: Naik Pesawat di Luar Jawa-Bali Tak Perlu PCR, Bisa Gunakan Antigen

Jum'at, 29 Oktober 2021 | 15:10 WIB
header img
Ilustrasi suasana di bandara.(Foto:Dok Inews.id)

JAKARTA, iNews.id - Kabar gembira untuk masyarakat. Sekarang, untuk yang akan naik pesawat terbang rute di luar Jawa-Bali tak perlu tes Polymerase Chain Reaction (PCR). Pasalnya, cukup memakai hasil tes antigen.  

Hal tersebut dikarenakan saat ini pemerintah melakukan penyesuaian kebijakan terkait syarat perjalanan dengan mengunakan transportasi udara di wilayah luar Jawa dan Bali. Selain menggunakan tes Polymerase Chain Reaction (PCR), juga bisa memakai hasil tes antigen. 

“Sementara itu, untuk penumpang yang menggunakan pesawat terbang antar wilayah di luar Jawa dan Bali disamping menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama, juga harus PCR (H-3) atau menunjukkan hasil tes antigen (H-1),” kata Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Syafrizal dalam keterangannya, Jumat (29/10/2021). 

Hal itu, sebagaimana diatur dalam Inmendagri No.56/2021 tentang Perubahan Inmendagri No.54/2021 tentang PPKM Level 3, Level 2, dan Level 1 Covid-19 di wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua. 

Dia mengatakan, kebijakan tersebut diambil pemerintah dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya karena masih terbatasnya fasilitas laboratorium PCR di luar Jawa dan Bali. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut