get app
inews
Aa Read Next : Imigrasi Cirebon Pastikan Keberangkatan Perdana 440 Calon Haji dari BIJB Kertajati

Intip Gaji Tukang Parkir Pesawat atau Marshaller Ternyata Bisa Capai Ratusan Juta, Ini Syaratnya

Senin, 24 Oktober 2022 | 08:24 WIB
header img
Intip Gaji Tukang Parkir Pesawat atau Marshaller, Ternyata Capai Ratusan Juta, Berikut Persaratanya. Foto : MNC Media

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Gaji Tukang parkir pesawat atau marshaller ternyata sampai ratusan juta loh! Tentunya besaran gaji ini disesuaikan dengan maskapai mana tempat mereka bekerja. 

Rata rata gaji marshaller untuk maskapai luar negeri di atas UMR atau UMK, jadi tidak heran kalau pertahunnya bisa mencapai angkatan ratusan juta rupiah. 

Penasaran dengan gaji Marshaller atau tukang parkir pesawat, kita simak ulasan berikut ini mengutip dari MNC Portal Indonesia, Senin (24/10/2022) dirangkum dari berbagai sumber : 

 

Profesi Marshaller

Sebelum membahas gaji marshaller atau tukang parkir pesawat ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu profesi ini. Sebab profesi ini berkembang seiring majunya transportasi udara di Indonesia. Gaji tukang parkir pesawat kini makin layak diperhitungkan karena dianggap cukup menggiurkan. 

Gaji Marshaller atau Tukang Parkir Pesawat

Mengutip situs karier Quora, gaji marshaller di Indonesia disesuaikan dengan upah minimum regional (UMR) di masing-masing daerah

Selain UMR, maskapai tempat marshaller bekerja juga turut mempengaruhi besaran gaji yang berbeda antara maskapai lainnya

Bahkan, dikutip dari Ziprecruiter, gaji marshaller bisa mencapai USD3.655 atau sekitar Rp52 juta dalam sebulan, belum termasuk tunjangan.

Selain gaji pokok, marshaller juga memperoleh tunjangan lain seperti tunjangan kesehatan, tunjangan keluarga, dan tunjangan operasional. Rata-rata gaji tukang parkir pesawat adalah Rp6 juta dan bisa meningkat seiring kecakapan dan masa kerja.

Job Desk Marshaller

Untuk mendapatkan gaji itu, seorang marshaller dituntut menguasai sejumlah kecakapan. Tukang parkir pesawat bertanggung jawab atas keselamatan penumpang saat pendaratan pesawat. 

Marshaller bekerja sama dengan pilot mengarahkan pesawat ke lokasi parkir yang ditentukan. Dalam tugasnya, Marshaller harus menguasai setiap gerakan tubuh yang melambangkan instruksi tertentu. 

Kemampuan komunikasi juga sangat penting baik verbal maupun nonverbal. Bahkan tukang parkir pesawat akan bertugas di segala kondisi, baik hujan atau panas selama masih ada penerbangan. Rata-rata mereka bekerja 13 jam sehari.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut