get app
inews
Aa Read Next : 10 Pahlawan Nasional Lahir di Bulan Agustus, Ada Proklamator hingga Pelopor Sumpah Pemuda

11 Pahlawan Nasional Dalam Uang Rupiah, dari Kertas Sampai Koin

Senin, 18 Juli 2022 | 09:12 WIB
header img
Pahlawan nasional dalam uang rupiah terabadikan dalam gambar utama yang terpampang pada setiap lembar uang Rupiah kertas. (Foto: DOK.iNews.id)

3. Idham Chalid dalam Uang Kertas Rp5.000

Pahlawan nasional Kalimantan Selatan ini terukir di depan uang kertas Rp5.000. Ia dikenal sebagai kiai manshur Nahdlatul Ulama (NU) yang juga berkecimpung di dunia politik. Idham menjabat sebagai Ketua Dewan Pengurus  Nahdlatul Ulama selama 34 tahun. Tokoh ini juga sempat menjabat Wakil Perdana Menteri Indonesia di kabinet Djuanda.

4. Frans Kaisiepo dalam Uang Kertas Rp10.000

Uang pecahan Rp 10.000 yang sering menghiasi dompet kita bergambar wajah seorang tokoh nasional kelahiran Biak, Papua, bernama Frans Kaisiepo. Selama perjuangannya di Papua, ia berperan sebagai salah satu tokoh yang mencetuskan kata "Irian", yang artinya Bergabung dengan Republik Indonesia melawan Belanda.

5. Sam Ratulangi dalam Uang kertas Rp20.000

Nama lengkapnya Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi. Ia adalah seorang pahlawan yang pernah berprofesi sebagai politikus, penulis, dan guru. Sam Ratulangi juga pernah menjadi anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada masa pendudukan Jepang. 

Sam berperan penting dalam perang melawan kolonialisme Belanda di Manado. Ia dikenal dengan filosofinya "Si Tou Timou Tumou Tou". Artinya, “seseorang hanya dapat disebut seseorang jika ia dapat memanusiakannya”. Sekarang pahlawan nasional muncul di faktur Rp20.000.

6. Ir. H. Raden Djuanda Kartawidjaja dalam Uang Kertas Rp50.000

Tokoh nasional ini dikenal sebagai pendiri “Deklarasi Juanda”. Artinya kepulauan Indonesia dan seluruh perairan di antaranya menjadi bagian dari wilayah kesatuan Republik Indonesia pada tahun 1957. Ia  diangkat menjadi kepala dinas perkeretaapian di wilayah Jawa dan Madura atas usahanya mengambil alih perkeretaapian Jepang kepada kaum muda. Saat ini, penampilan Juanda yang merupakan Perdana Menteri Indonesia ke-10 dihias dengan nilai nominal Rp50.000.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut