get app
inews
Aa Read Next : Lesbumi NU-Daulat Budaya Nusantara Gelar Kenduri Budaya Sambut Ramadan di 9 Kota

Pandangan Pemuda NU Indramayu atas Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional Usmar Ismail

Rabu, 10 November 2021 | 11:36 WIB
header img
Penganugrahan Gelar Pahlawan Nasional Usmar Ismail (Foto : dok. okezone)

INDRAMAYU, iNews.id - Hidayatullah Ali Ridho (31), adalah salah satu tokoh pemuda Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Indramayu, Jawa Barat yang turut memberikan pandangan positif atas penganugrahan gelar pahlawan nasional kepada Usmar Ismail.

Seperti dikutip dari nasional.okezone.com, tokoh nasional Usmar Ismail akan dianugerahi gelar pahlawan nasional pada 10 November ini, bertepatan dengan Hari Pahlawan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Bogor.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD secara resmi telah mengumumkan perihal pemberian gelar tersebut yang akan diserahkan secara resmi kepada keluarga almarhum.

Menurut Hidayatullah Ali Ridho atau akrab dipanggil Kanjeng Dayat Pituduh itu, Usmar Ismail adalah salah satu tokoh Nahdiyin yang mempunyai jasa yang besar terhadap kebudayaan dan kesenian.

"Sangat layak jika kemudian hari sosok Usmar Ismail dapat gelar pahlawan nasional," ujar Hidayatullah yang juga menjabat sebagai Ketua Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia (Lesbumi) PCNU Indramayu, Rabu (10/11/2021).

Hidayatullah lanjut mengatakan, sangatlah menarik baginya jika peradaban kebudaya muncul di permukaan yang hampir keluar di jalur sirotul hak (jalan kebenaran). Maka adanya sosok Usmar Ismail yang mampu merubah paradigma dan diterima oleh masyarakat abangan dengan memaknai kebudayan dan kesenian sebagai dakwah yang santun dan beradab.

"Tokoh nasional Umar Ismail selalu memberikan inovasi - inovasi khazanah dan keilmuan yang mendasar, maka pelaku seni dan budaya bisa di revitalisai sesuai ajaran ahllusunah wal jama'ah. Sampai hari ini jasa - jasa beliau yang selalu mengemas (dakwah) dengan gaya Walisongo akan selalu dikenang," pungkasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut