get app
inews
Aa Read Next : KPU Kabupaten Cirebon Persoalan KPPS 25 Desa Kaliwulu Miskomunikasi

Ki Bagus Rangin dan KH Abbas Buntet, Diajukan Untuk Mendapatkan Gelar Pahlawan Nasional

Rabu, 17 Agustus 2022 | 17:23 WIB
header img
KH Abbas bin KH Abdul Jamil Buntet Diajukan Sebagai Pahlawan Nasional ( Foto : Istimewa)

KABUPATEN CIREBON, iNews. id - Ki Bagus Rangin dan Kiai Abas Dua tokoh penting asal Cirebon diajukan untuk mendapat gelar pahlawan nasional oleh pemerintah daerah setempat.

Hal tersebut disampakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cirebon yang meyebut dua tokoh tersebut kini sedang diajukan untuk bisa mendapatkan penyematan pahlawan nasional. 

Dikatakan oleh Kabid Kebudayaan Disbudpar Kabupaten Cirebon, Amin Mughni menegaskan, dalam catatan nama Ki Bagus Rangin pernah diusulkan menjadi Pahlawan Nasional namun belum terealisasi

Termasuk nama Kiai Abbas yang berasal dari Pondok Pesantren Buntet Cirebon. 

"Cirebon diketahui memiliki sejumlah nama atau tokoh yang memiliki sejarah melawan kolonialisme pada masanya," kata Amin, Rabu (17/8/2022).

Dia mengatakan, usulan Ki Bagus Rangin sudah diajukan sejak tahun lalu. Usulan tersebut setelah melalui berbagai proses pembahasan sarasehan dan seminar yang bertempat di Keraton Kacirebonan beberapa waktu yang lalu.

Namun demikian, hingga saat ini belum ada balasan dari instansi terkait terhadap usulan dua nama untuk mendapat gelar Pahlawan Nasional. 

"Jujur aja kami belum menerima balasan apapun dari instansi terkait soal pengajuan dua nama pahlawan asal Cirebon ini," ujarnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut