get app
inews
Aa Read Next : Fasilitas Alun Alun Kejaksaan Kota Cirebon Memprihatinkan, Pj. Walikota Cirebon Intruksikan Hal Ini

Buku Nikah Rusak, Bapak di Indramayu Bingung Ngurus Adminduk

Kamis, 14 Oktober 2021 | 22:59 WIB
header img
Jangan Khawatir walau dokumen rusak, warga tetap dapat mengurus administrasi kependudukan (Foto : Candra)

INDRAMAYU, iNews.id - Seorang bapak di Kabupaten Indramayu tepatnya di Kecamatan Kedokan Bunder merasa bingung saat mengurus administrasi kependudukan (Adminduk), lantaran persyaratan buku nikah miliknya rusak, tidak terbaca. 

Hal itu dialami oleh Pak Kursin warga Desa Jayawinangun Kecamatan setempat. Kala itu, Kursin hendak mengurus Kartu Keluarga (KK) miliknya yang hilang, namun salah satu persyaratan yang harus disertakan rusak, yakni buku nikah.


Pak Kursin, warga Desa Jayawinangun Kecamatan Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu saat mengurus Adminduk di kecamatan setempat (Foto : Candra)

Untungnya, walau dengan buku nikah yang sudah tidak terbaca itu, pihak Pelayanan Adminduk Kecamatan Kedokan Bunder tetap menyambutnya dengan baik.

Petugas Pelayanan Adminduk itu langsung memeriksa buku nikah tersebut. Terlihat oleh petugas buku sudah terpotong menjadi dua bagian, bahkan sudah tidak ada tulisan identitas yang biasa ditulis dengan tinta. 

Melihat kondisi demikian, petugas dapat memaklumi dan menanyakan langsung kepada yang bersangkutan tentang kapan menikah dan dengan siapa.

"Di buku nikahnya tidak ada tulisan karena sudah hilang termakan usia. Namun kita bisa langsung dapat informasi langsung dari yang bersangkutan tentang statusnya," kata Insi, petugas Adminduk Kecamatan Kedokan Bunder, Kamis (14/10/2021).

Menanggapi kejadian itu, ditempat yang sama, Camat Kedokan Bunder, Andri M. Shaleh mengatakan, pihaknya sangat apresiasi dengan masyarakat yang memiliki tanggung jawab untuk menyimpan dan merawat dokumen kependudukan sejak lama.

"Ini luar biasa, dokumen sejak tahun 1985 semenjak nikah masih ada dan tersimpan walaupun kondisinya sudah rusak," kata Andri.

Sementara itu, Kursin seusai mengurus dokumen kependudukan mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada seluruh jajaran di Kantor Kecamatan Kedokan Bunder karena telah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya.

"Alhamdulilah KTP dan KK saya sudah jadi semua dengan waktu yang tidak lama. Pelayanannya ramah, akrab dan ternyata membuat KTP dan KK itu gratis," kata Kursin.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut