get app
inews
Aa Read Next : Ini Dia Empal Gentong H. Irwan Paling Enak di Cirebon Selalu Diserbu Pengunjung

Kuliner Khas Cirebon yang Wajib Dicoba, Enaknya Bikin Pengen Balik Lagi

Sabtu, 18 Juni 2022 | 11:08 WIB
header img
Nasi Jamblang.(Foto: doc. iNews.id)

KOTA CIREBON, iNews.id - Kuliner Cirebon memiliki identitas otentiknya sendiri, dengan cita rasa khas karena tidak sama dengan corak makanan Jawa Barat pada umumnya, juga berbeda dengan olahan khas Jawa Tengah.

Berikut rekomendasi beberapa pilihan sajian kuliner khas Kota Cirebon yang dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (18/6/2022):

1. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang sangat direkomendasikan untuk dinikmati pada waktu sarapan, karena setelah pukul 8 pagi, dapat dipastikan sebagian besar lauk kuliner Cirebon ini sudah habis.

Ciri khas dari nasi Jamblang adalah dibungkus menggunakan daun jati yang dianggap bisa membuat nasi jadi tidak cepat basi.

Lauknya sangat bervariasi. Mulai dari sayur tahu, tempe goreng, blekutak, perkedel kentang, panjelan, dan yang paling menarik adalah sambal cabai merahnya.

2. Nasi Lengko

Nasi dengan taburan tauge, mentimun, daun kucai, siraman bumbu kacang dengan irisan tahu dan tempe serta kecap ini cukup banyak penjualnya. Mulai dari rumah makan sampai warung pinggiran.

Makanan yang sederhana satu ini sangat cocok untuk vegetarian karena rendah kalori.

Konon, disebut nasi lengko karena makanan untuk rakyat biasa. Lengko berasal dari kata "Langka" yang berarti jarang. Dalam bahasa Cirebon artinya tidak ada. Maksudnya, lauk pauknya tidak banyak.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut