get app
inews
Aa Read Next : Sharing dengan Ridwan Kamil, Suhendrik Optimistis Kota Cirebon Bisa Semaju Kota Bandung

Asal-usul Nasi Jamblang, Kuliner Legendaris yang Tetap Eksis hingga Kini

Jum'at, 13 Oktober 2023 | 14:06 WIB
header img
Nasi Jamblang khas Cirebon. Foto: Ist

CIREBON, iNewsCirebon.id - Asal usul nasi jamblang khas Cirebon yang ternyata sudah ada sejak masa kolonial Belanda. Kini, nasi jamblang banyak diburu wisatawan yang berkunjung ke kota penghasil udang ini. 

Nasi jamblang merupakan nasi yang dibungkus daun jati dan disajikan secara prasmanan dengan beragam lauk pauk. Tak banyak orang tahu, ternyata nasi jamblang diciptakan oleh seorang keturunan China, lho. Yuk simak bagaimana asal usul nasi jamblang khas Cirebon. 

Asal-usul Nasi Jamblang 

Nama nasi jamblang berasal dari desa sebelah barat kabupaten Cirebon, yaitu desa asal pedagang yang mempopulerkan makanan ini. Nasi jamblang muncul sekitar tahun 1847. Saat itu, Belanda sedang membangun tiga pabrik, yaitu dua pabrik tebu di Plumbon dan Gempol, serta satu pabrik spiritus di Palimanan.

Berdirinya pabrik-pabrik tersebut banyak menyerap tenaga kerja dari berbagai wilayah. Para pekerja yang rumahnya jauh seperti dari Sindang Jaya, Cisaat, Cimara, Cidahu, Cinaru, Bobos, dan Lokong harus berangkat kerja di pagi buta dengan berjalan kaki.

Para pekerja tersebut kesulitan mencari makan untuk sarapan karena pada saat itu belum berdiri warung-warung nasi. Masyarakat zaman dulu menganggap menjual nasi merupakan suatu hal yang dilarang atau pamali.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut