Masjid Kuno Bondan Indramayu Dibangun 600 Tahun, Saksi Bisu Cinta Nyi Mas Ratu Kencana Wungu

Tim Liputan
Masjid Kuno Bondan di Jalan Sapuangin, Blok Sapuangin, Desa Bondan, Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. (FOTO: Andrian Supendi)

Selain itu, dia juga menggerakkan pengikutnya untuk menyerang Syekh Datul Kahfi dan pengikutnya sehingga “tangkilan” (peperangan) tidak bisa dihindarkan. Pada saat ini, tempat tersebut dinamakan Blok Tangkil. 

Pasukan Ki Geden Bondan sangat banyak sehingga pasukan Syekh Datul Kahfi terdesak.

Pada saat itu, Syekh Datul Kahfi menemukan “oman” (merang) lalu diciptakannya satu kesatuan tentara dari merang tersebut. Peperanganpun menjadi seimbang. Banyak korban berjatuhan dari kedua belah pihak, terjadi banjir darah yang mengalir kesaluran air hingga berbunyi “grojog-grojog”. Pada saat ini, tempat tersebut dinamakan Grojogan.

Karena terdesak, Ki Geden Bondan mengerahkan segenap kesaktiannya hingga dia bisa berubah wujud menjadi raksasa (triwikrama) tetapi bisa dihadapi oleh Syekh Datul Kahfi hingga dia kembali pada wujudnya semula. 

Ki Geden Bondan tetap melawan dengan mengeluarkan kesaktian pamungkasnya, yakni menepuk kedua tanganya sebanyak tiga kali dan bermunculan beberapa ekor kera dari sela-sela jarinya. Hal ini juga berhasil dihadapi oleh Syekh Datul Kahfi sehingga Ki Geden Bondan melarikan diri dalam keadaan tidak berwujud sambil meneriakkan kata-kata “lanjutkan cita-citamu”, kemudian dia lenyap. 

Sejak saat itu, Syekh Datul Kahfi menyiarkan agama Islam di seluruh Bondan dengan leluasa.

Pada suatu malam Syekh Datul Kahfi mengumpulkan para pengikutnya untuk memusyawarahkan bagi berdiri tempat sholat berjamaah. 

Akhirnya, pada tahun 1414 Masehi, disepakati untuk mendirikan sebuah masjid yang letaknya tidak jauh dari Sungai Cimanuk dan cangkop/balai yang telah dibangun oleh Ki Geden Bondan yaitu di Desa Bondan Barat. 

Menurut cerita, pembangunan masjid tersebut dapat diselesaikan dalam waktu 1 malam dan keesokan harinya, Syekh Datul Kahfi membuat bedug dari kayu Sidaguri yang bila ditabuh bisa terdengar sampai Cirebon. 

Sampai sekarang masjid tersebut dinamai “Masjid Darus Sajidin Bondan” (Masjid Kuno Bondan) dan masih difungsikan namun bedugnya telah hilang.

Editor : Miftahudin

Sebelumnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network