get app
inews
Aa Read Next : Malas Menyikat Gigi Malam Hari Sebelum Tidur, Ini Masalah Kesehatan yang Bakal Dialami

Karang Gigi Bisa Dibersihkan di Rumah dengan Cara Ini

Sabtu, 11 Juni 2022 | 05:20 WIB
header img
Gigi sehat. (Foto: doc. iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Karang gigi muncul karena adanya sisa-sisa kotoran dari makanan dan minuman. Masalah karang gigi terkadang disepelekan, padahal itu bisa membuat kerusakan gigi semakin parah.

Lantas bagaimana cara menghilangkan karang gigi tanpa harus ke dokter?

Berikut ini cara menghilangkan karang gigi dilansir dari berbagai sumber:

1. Rutin Menyikat Gigi

Dengan rutin menyikat gigi, bisa mengurangi karang gigi. Lakukan sebanyak dua kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur di malam hari. Sikatlah gigi selama 2 menit. Harus diperhatikan seluruh bagian gigi dijangkau oleh sikat.

2. Gunakan Teknik yang Benar

Cara menghilangkan karang gigi yakni dengan mengetahui teknik yang tepat ketika menyikat gigi. Sebaiknya menyikat gigi dengan gerakan memutar atas dan bawah. Gerakan dapat dimulai dari gigi paling belakang atau geraham di sisi kanan atau kiri.

3. Bersihkan dengan Benang

Jika dalam bahasa kedokteran, cara ini disebut sebagai flossing. Benang dapat menjangkau sela-sela gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Cara ini bisa kamu lakukan setelah menyikat gigi.

4. Menggunakan Obat Kumur

Cara menghilangkan karang gigi bisa menggunakan obat kumur-kumur. Sebab obat kumur dinilai ampuh merontokkan kotoran dari sisa makanan yang menempel pada gigi.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Dengan mengkonsumsi air putih, bisa meningkatkan produktivitas air liur. Fungsi air liur sendiri melembapkan dan meluruhkan sisa-sisa makanan yang menempel di permukaan gigi.

Itulah 5 cara menghilangkan karang gigi di rumah. Namun jika karang gigi sudah menebal dan mengeras cara di atas tidak akan ampuh. Oleh karena itu, untuk membersihkannya dibutuhkan perawatan khusus yang hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut