get app
inews
Aa Read Next : 1 Pasien RSUD Gunungjati Cirebon Terkonfirmasi Cacar Monyet

Cacar Monyet Bisa Sebabkan Risiko Kebutaan

Kamis, 09 Juni 2022 | 05:20 WIB
header img
Ilustrasi kebutaan karena cacar monyet. (Foto: doc. iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Cacar monyet disebabkan oleh virus cacar monyet tipe central Afrika. Penyakit ini ternyata bisa menyebabkan kebutaan.

Hal itu disampaikan ahli Infeksi dan Penyakit Tropis Anak dr Irma Rezky Ratu, Sp.A(K), komplikasi serius akibat cacar monyet adalah kebutaan.

"Lesi cacar monyet itu bisa muncul di area mata. Kalau itu terjadi, bisa sebabkan radang kornea hingga akhirnya buta," tutur dr Irma di Live Instagram @idai_ig.

Tak hanya itu, jika bicara komplikasi dari cacar monyet, dr Irma menjelaskan bahwa ada beberapa penyakit yang bisa muncul akibat cacar monyet. Adalah terbentuknya bopeng di kulit yang dikategorikan sebagai cacat permanen pada kulit.

"Selain itu, cacar monyet juga bisa menyebabkan infeksi bakteri sekunder, mukosa kulit terganggu. Bahkan, pada kasus tertentu cacar monyet juga menyebabkan radang paru," tutur dr Irma.

Dengan adanya komplikasi tersebut, dia mengimbau kepada semua masyarakat, khususnya orangtua, agar membawa segera anaknya ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapat penanganan lebih lanjut jika menemukan ada perbedaan di kulit si anak.

Penanganan medis yang diterima si anak pada stadium awal bisa menurunkan risiko keparahan kondisi akibat cacar monyet.

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap patuhi protokol kesehatan terutama menjalankan pola hidup bersih dan sehat," kata dr Irma.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut