get app
inews
Aa
Read Next : Waspadai Kram di 5 Bagian Tubuh, Bisa Jadi Gejala Kolesterol Tinggi

Turunkan Kolesterol Tinggi dengan Sayuran Ini

Jum'at, 27 Mei 2022 | 05:10 WIB
header img
Sayur penurun kolesterol tinggi perlu dikonsumsi rutin. Sayuran ini terbukti cepat dan ampuh, anda pun tak perlu khawatir. (Foto: doc. iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Kolesterol adalah zat lemak yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Namun, terlalu banyak dapat menyebabkan masalah kesehatan serius.

Menurut ahli diet Lisa Young, satu jenis sayuran terbukti efektif daripada yang lain dalam menjaga kadar kolesterol tetap optimal.

Young merekomendasikan mengonsumsi wortel, sumber serat larut yang baik, yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol.

"Wortel juga kaya beta karoten, antioksidan vitamin A yang dapat melindungi Anda dari penyakit kronis seperti penyakit jantung," kata Young dilansir dari Express, Rabu (25/5/2022).

Sama seperti lemak visceral, tubuh membutuhkan setidaknya beberapa kolesterol untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Meskipun berbahaya dalam jumlah tinggi, tubuh membutuhkan lemak visceral untuk melindungi organ vital dan bertindak sebagai sumber energi cadangan.

Dengan cara yang sama, tubuh membutuhkan beberapa kolesterol untuk menjaga tubuh pada kapasitas operasi kardiovaskuler yang optimal. Tidak seperti kolesterol, tidak ada dua jenis lemak visceral.
Kolesterol dapat dibagi menjadi dua subtipe, HDL dan LDL. HDL juga dikenal sebagai kolesterol baik membuat jantung tetap sehat. Sementara LDL disebut sebagai kolesterol jahat terbentuk sebagai plak di arteri yang meningkatkan tekanan darah.

Diet seimbang adalah salah satu cara paling efektif untuk menjaga HDL tetap tinggi dan LDL dalam keadaan normal. Heart UK juga merekomendasikan mengurangi lemak jenuh dan menggantinya dengan lemak tak jenuh untuk menurunkan kolesterol Anda.

Selain diet sehat, kadar kolesterol yang melonjak juga bisa diturunkan dengan cara lain. Salah satunya yang utama adalah melakukan pemeriksaan kesehatan. Ini karena kolesterol tinggi sebagian besar tidak menunjukkan gejala, Anda hanya dapat mengetahuinya dari tes darah.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut