get app
inews
Aa Read Next : Cara Hidup Bersih dan Sehat Rekomendasi WHO

Di Masa Pandemi, Angka Kemiskinan Meningkat Drastis

Selasa, 05 Oktober 2021 | 20:39 WIB
header img
Iis Krisnandar, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cirebon (Foto : Istimewa)

KABUPATEN CIREBON, iNews.id - Selama Pandemi angka Kemiskinan di Kabupaten Cirebon meningkat drastis. Pada tahun 2020, jumlah kemiskinan di Kabupaten Cirebon angkanya mencapai 1.048.000 jiwa. Sedangkan tahun 2021 jumlah kemiskinan sebanyak 1.653.192.

"Berdasarkan data dari pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial pertanggal 18 september, jumlah kemiskinan pada tahun 2021 ini sebanyak 1.653.192 sedangkan untuk tahun 2020 sebanyak 1.048.000 jiwa," ujar Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cirebon, Iis Krisnandar, Selasa (5/10/2021).

Dikatakan Iis, tingginya angka Kemiskinan yang mencapai 73 persen ini disebabkan efek pandemi hingga akhirnya kehilangan pekerjaan.

Dijelaskannya, jumlah angka kenaikan kemiskinan itu sesuai data perbaikan dan usulan sampai dengan bulan agustus berasal dari pemerintah daerah, bank penyalur bantuan dan sumber kesejahteraan sosial.

“Kalau data sih ada juga dari SK Kementerian Sosial sebanyak 1.583. 016 pertanggal 31 agustus, tapi kalau yang terbaru dari Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial,” jelasnya.

Masih kata dia, perlu ada peningkatan dan perbaikan SDM untuk memverifikasi data sehingga program kesosialan bisa tersalurkan secara tepat.

“Untuk bisa melakukan verifikasi data kemiskinan secara tepat seharusnya peningkatan dan perbaikan SDM perlu dilakukan. Sekarang aja SDM yang lakukan data verifikasi gak ada inventaris laptop dan penunjang lainnya,” tambahnya.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut