Hanung Bramantyo Beri Jawaban Menohok soal Harga Tiket Candi Borobudur

Ayu Utami
.
Selasa, 07 Juni 2022 | 12:10 WIB
Hanung Bramantyo di Candi Borobudur. (Foto: doc. iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Sutradara Hanung Bramantyo menyoroti kenaikan harga tiket Candi Borobudur

Bagaimana tidak, harga tiket Candi Borobudur menjadi Rp750 ribu/orang untuk wisatawan lokal dan Rp1,4 juta untuk wisatawan asing. 

Suami Zaskia Adya Mecca itu merasa heran dengan kenaikan harga yang begitu tinggi. Keheranan itu diungkapkan lewat unggahan di sosial media miliknya.

"Menaikkan harga tiket borobudur jadi Rp750.000 per kepala mungkin maksudnya agar pengunjung yang masuk terseleksi," tulis Hanung Bramantyo, Selasa (7/6/2022).

"Bisa jadi para pengunjung itu horang kaya, pengusaha bitcoin cabang Muntilan, atau anak Sultan Magelangan, yang mana jadinya keaslian candi terjaga dengan baik,” tulis Hanung Bramantyo.

Tak hanya itu, pria kelahiran Yogyakarta ini juga memberikan sindiran halus soal keamanan arca di dalam Candi Borobudur. Jika nantinya hanya orang-orang berduit yang bisa ke Candi Borobudur.

"E, tapi jangan-jangan kalau harganya dinaikkan ntar malah ada beberapa arca mendadak ilang jarinya, relief-relief pada gempil, atau satu balok tangga batu lenyap oleh sebab ulah pengunjung orang kaya tadi," tulis Hanung Bramantyo.

"Terus kalau ditanya penjaga, kok kalian pada ngrusak candi sih? Jawab mereka, lah, kan saya udah bayar Rp750 ribu? Mosok cuma dapet selfie doang," tulis Hanung Bramantyo.

Dengan tarif harga yang begitu tinggi, dia menyebut akan menjadi hal yang menyulitkan warga lokal.

"Hmmm, angel wes, angel tenan (susah sudah, susah benar),” tulis Hanung Bramantyo.

Seperti diketahui, Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero)/InJourney, Dony Oskaria menjelaskan bahwa tiket seharga Rp750.000/orang sedianya diperuntukkan bagi yang mau naik ke Candi Borobudur. 

Sementara harga tiket masuk kawasan Candi Borobudur masih tetap dengan harga Rp50 ribu.

Editor : Miftahudin
Bagikan Artikel Ini