get app
inews
Aa Read Next : Gegesik Kreatif Festival Dapat Terlaksana Tahun Ini, Camat Fitriani Ucapkan Terima Kasih

Disambut Singa Barong dan Tari Topeng, Sandiga Uno Kunjungi Desa Wisata Gegesik Kulon

Kamis, 09 September 2021 | 16:27 WIB
header img
Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno menaiki replika kereta Singa Barong saat berkunjung ke desa wisata Gegesik Kulon Kabupaten Cirebon (foto: Dede Kurniawan)

KABUPATEN CIREBON, iNews.id - Kedatangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif (Menparekraf) ke desa Gegesik Kulon, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon mendapat antusias yang luar biasa dari masyarakat setempat, Kamis (9/9/2021).

Dengan menaiki replika kereta Singa Barong, masyarakat tampak histeris mendapat lambaian tangan dari Sandiaga Uno. Selain menaiki replika kereta Singa Barong, Sandiaga juga disambut dengan tari topeng kelana yang diperagakan oleh anak-anak desa setempat.

Kedatangan Sandiaga Uno sendiri dalam rangka memberikan anugrah desa wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang mana desa Gegesik Kulon adalah salah satu dari 50 desa yang masuk dalam desa wisata.

"ADWI adalah salah satu bentuk kebangkitan, untuk bisa menumpang ekonomi dan kami juga akan membuka peluang agar desa wisata Gegesik Kulon ini dapat membuka lapangan kerja seluas-luasnya, sehingga dapat mensejahterakan masyarakat nya," ujar Sandiga Uno.

Dikatakan Sandiga Uno, desa Gegesik kulon memiliki kearifan lokal yang masih terjaga dengan baik, desa Gegesik Kulon adalah desa budaya yang patutu dijaga dan layak disandingkan ke 50 besar peraih ADWI.

"Untuk ADWI sendiri kami dari Kementerian memberikan ruang seluas-luasnya kepada dewan juri untuk memilih dan kami juga meminta agar desanya kembali di tata seperti home stay nya harus ditambah," katanya.

Sandiaga juga berjanji akan membantu memasarkan desa Gegesik Kulon agar bisa lebih banyak didatangi wisatawan dan membuka lapangan pekerjaan dan pada akhirnya nanti bisa mensejahterakan masyarakat.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut