get app
inews
Aa Read Next : Peringatan HUT RI ke-76 di Istana Presiden Menyuguhkan Hidangan Mangga Unggulan Khas Indramayu

Momen Tabur Bunga dan Upacara Bendera di Malam Hari, Dalam Rangka Memperingati HUT RI ke-76

Selasa, 17 Agustus 2021 | 10:45 WIB
header img
Sejumlah Warga Memperingati HUT RI ke -76 dengan Upacara Bendera di Malam Hari (Foto : Riant. S)

KABUPATEN CIREBON, iNews.id- Momentum HUT ke-76 Republik indonesia dapat di peringati dengan berbagai cara guna menghormati jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk merebut kemerdekan Indonesia.

Salah satu contohnya yang dilakukan oleh masyarakat Gunung Jati Kabupaten Cirebon beserta pemerintah desa setempat melakukan tabur bunga di 7 makam pahlawan tak di kenal di desa setempat.


Tabur Bunga dan Upacara Bendera Untuk Mengenang Jasa Para Pahlawan yang Dilakukan Pada Malam Hari (Foto : Riant. S)

Selain tabur bunga, guna mengingat semangat juang para pahlawan acara ini di isi dengan upacara bendera dan pembacaan teks proklamasi oleh Kuwu setempat.

Menariknya momentum tersebut di laksanakan pada malam hari selepas melaksanakan shalat Isya berjamaah.

Kuwu desa Buyut Wandi mengatakan bahwa kita semua khususnya generasi muda tidak boleh melupakan sejarah dan esensi kemerdekaan.

Memperingati hari kemerdekaan tidak harus selalu diisi dengan berbagai lomba saja. Apalagi di tengah pandemi Covid 19 saat ini,  kita isi dengan mengenang jasa para pahlawan.

“Kita ingatkan kembali pada masyarakat sekitar khususnya generasi muda agar kembali belajar sejarah, ada 7 pahlawan yang gugur mempertahankan kemerdekaan di desa kita walaupun ketujuhnya tidak di kenal,” katanya.

Wandi berharap agenda tersebut tersebut akan terus di laksanakan guna menyambut HUT kemerdekaan RI setiap tahunya.

Di tempat yang sama Pandi, anggota DPRD Kabupaten Cirebon ikut hadir dalam acara tersebut mengatakan sangat mengapresiasi masyarakat sekitar yang menyambut kemerdekaan dengan kegiatan tersebut.

“Saya apresiasi apa yang di lakukan masyarakat beserta pemerintah desa, ini menggugah kembali rasa cinta tanah air dan mengenang jasa para pahlawan yang gugur mempertahankan kemerdekaan”.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut