get app
inews
Aa Read Next : Pilwu Serentak Telah Usai, Ini Pesan Ketua FKKC Pada Calon Terpilih

Polisi Mulai Lakukan Pemetaan Pilwu Serentak

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 19:47 WIB
header img
Pemilihan Kuwu serentak di Kabupaten Cirebon mulai Dipetakan (Foto : Istimewa)

KABUPATEN CIREBON, iNews.id - Jajaran Kepolisian dari Polresta Cirebon mulai melakukan pemetaan terhadap tahapan pemilihan Kuwu serentak. Selain itu juga pihak kepolisian akan akan membedah seluruh tahapan Pemilihan Kuwu (Pilwu) serentak menjadi beberapa tahapan yang lebih mengatur secara ketat berkaitan dengan pelaksanaan teknis dari masing-masing tahapan Pilwu.

"Pelaksanaan teknis dari masing- masing tahapan pemilihan kuwu yang dimaksud setiap tahapan tetap memedomani protokol kesehatan sekaligus juga tidak mengabaikan aspek keamanan," ujar Kapolresta Cirebon,Kombes Pol, Arif Budiman, Sabtu (14/8/2021).

Dikatakan Arif, dua hal ini yang kemudian jadi konsen kita untuk kemudian kita detailkan lagi. Saya ilustrasikan contoh pendaftaran kan gitu. Bagimana sih pendaftaran yang aman prokes, bagaimana pendaftaran yang tidak menimbulkan gesekan diantaranya tidak boleh membawa massa dan sebagainya. Terus teknis nanti pendaftarnya kita nanti atur seperti itu.

"Dari tim kecil tersebut, akan diikat dengan petunjuk teknis yang akan memudahkan bagi panitia pelaksana dalam rangka melaksanakan masing-masing tahapan. Setelah dirumuskan dalam petunjuk teknis, pihaknya akan melaksanakan simulasi sehingga dalam aplikasi pelaksanaanya bisa aman, kondusif serta mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Arif juga mengatakan, terkait pengamanan, pihaknya sedang melakukan pemetaan kerawanan di 135 desa yang akan melaksanakan pemilihan kuwu.

Dari hasil pemetaan dan inventarisi itu, tutur Arif, akan berimplikasi terhadap pola-pola pegamanan dan pelibatan kekuatan personel. Apabila ada proses kegiatan dan seluruh tahapan rangkaian persiapan sudah dirancang untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Kalau dalam pelaksanaan terjadi pelanggaran dan lainnya maka pengawasan kepatuhan prokes yang akan diperketat,” tandasnya.

 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut