get app
inews
Aa Read Next : 5 Daftar Harga Bakal Naik di Tahun 2023, Bersiap Bunga KPR dan Tarif Listrik Ikut Penyesuaian

Rusia Serang Ukraina, Harga 3 Jenis Barang Ini Bakal Melonjak Tinggi

Minggu, 27 Februari 2022 | 06:00 WIB
header img
Rusia serang Ukraina akan berimbas pada perekonomian ( Foto : Reuters)

3. Logam

Harga logam yang digunakan dalam berbagai produk konsumen melonjak karena investor menggali konsekuensi dari invasi dan mempertimbangkan apakah sanksi dapat mempengaruhi pasokan.

"Rusia adalah produsen utama logam termasuk aluminium dan nikel dan juga merupakan produsen tembaga yang substansial," kata analis di S&P Global Platts.  "Sumber pasar percaya hampir pasti sanksi yang lebih ketat akan diterapkan pada perdagangan dengan Rusia dapat semakin menekan pasokan di pasar global yang sudah ketat," imbuhnya.

Sementara itu, harga aluminium di London melonjak ke rekor tertinggi pada Kamis.Rusal Rusia, yang telah disetujui oleh Amerika Serikat sebelumnya, adalah salah satu produsen aluminium terbesar di dunia. Jika sanksi baru diberlakukan, itu bisa menyebabkan harga meroket. Harga sudah naik karena pabrik peleburan di Eropa harus memangkas produksinya imbas kenaikan biaya listrik.

Bahkan jika Rusia tidak diberi sanksi, lonjakan harga energi terbaru dapat memperburuk situasi. Logam seperti aluminium digunakan dalam ribuan produk di seluruh dunia, mulai dari kaleng untuk makanan dan minuman hingga kendaraan dan elektronik.

 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut