get app
inews
Aa Read Next : Temuan BPK Puluhan ASN Kabupaten Cirebon Masuk dalam Penerima BLT

Tips Melunasi Hutang Menumpuk Sebelum Resesi Ekonomi

Kamis, 03 November 2022 | 10:49 WIB
header img
Tips Bayar Hutang Menumpuk Sebelum Hadapi Resesi Ekonomi. Foto : Istimewa

JAKARTA,iNewsCirebon.id - Berikut cara melunasi utang sebelum resesi,Ancaman resesi sudah di depan mata. Hal itu ditandai dengan kenaikan inflasi dan suku bunga acuan yang tinggi, sehingga akan memperlambat laju perekonomian. 

Masyarakat kelas menengah ke bawah diminta untuk segera melunasi utang sekarang juga sebelum resesi benar-benar terjadi di tahun depan. Suku bunga yang semakin naik, bisa berdampak pada jumlah cicilan utang di 2023. 

Tenang, berikut cara melunasi utang sebelum resesi, seperti dikutip dari laman resmi CIMB Niaga, Kamis (3/11/2022):

 

1. Rekap semua utang

Untuk melunasi utang dengan cepat, kamu harus terlebih dahulu membuat daftar rinci atau ringkasan utang. Misalnya utang kartu kredit, KPR, paylater, sampai utang ke teman atau saudara. 

Beri informasi secara rinci terkait jumlah total serta cicilan per bulannya. Selanjutnya kalkulasikan dengan pendapatan kamu.

Metode ini akan membantu kamu merencanakan atau memilih beban utang mana yang menjadi prioritas utama, sehingga kamu dapat memiliki situasi keuangan yang lebih stabil.

 

2. Bulatkan tekad

Setelah mencatat seluruh utang dan mengetahui jumlah total utang, maka lanjutkan dengan menguatkan tekad. Tekad untuk melunasi semua utang, satu persatu sambil memikirkan cara yang tepat. 

Pikirkan juga dampaknya terhadap alokasi dana yang kamu butuhkan setiap hari untuk melunasi hutang secara efektif.

3. Mulai bayar utang yang paling besar

Cobalah untuk melunasi jumlah utang terbesar yang sesuai dengan prioritas. Misalnya, utang besar yang bertenor pendek, seperti kredit kendaraan, kartu kredit, atau mungkin pinjaman online. 

Jadi, cara ini akan membuatmu sedikit lega karena utang dengan nilai besar sudah lunas. Dan kamu bisa fokus untuk melunasi utang yang nominalnya kecil. 

4. Jual barang tidak terpakai

Jika merasa penghasilan masih belum cukup untuk melunasi utang, kamu bisa menjual barang-barang yang tidak terpakai. Pastinya banyak barang di lemari atau di rumah yang masih layak, tapi sudah jarang dipakai. 

Kalau dijual, bisa menghasilkan. Contohnya sepatu, baju, perabotan elektronik, dan sebagainya. Kamu dapat menjualnya di e-commerce maupun media sosial, sehingga lebih cepat terjual. Atau kalau perlu langsung tawarkan ke keluarga, teman, atau kerabat. 

5. Take over kredit

Apakah kamu merasa cicilan mobil menjadi salah satu beban utang terberat yang harus dilunasi setelah mencoba berbagai cara untuk melunasi utang? Mungkin kamu bisa melakukan take over kredit. 

Take over kredit adalah salah satu cara paling efektif untuk melunasi utang. Kendaraan dengan sisa cicilan dapat dijual kembali kepada pembeli kendaraan nantinya. 

Selain itu, ada peluang untuk mendapatkan tambahan pendanaan baru sebagai solusi konsolidasi utang yang efektif.

6. Cari penghasilan tambahan

Mencari penghasilan tambahan juga merupakan cara yang efektif untuk melunasi utang, sehingga dapat melunasi beban utang kamu dengan cepat. Apakah itu dengan menjadi driver taksi online, ojek online, freelance, jualan online, atau pekerjaan lain yang menghasilkan cuan. 

Jika kamu sudah melunasi utang dan masih bekerja paruh waktu, alokasikan penghasilan sampingan untuk tabungan tambahan atau dana darurat di masa mendatang.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut