get app
inews
Aa Read Next : FMIS Anugrahi Tokoh Nasional Herman Khaeron, Dianggap Peduli Kesejahteraan Masyarakat

Tinggal Serumah dengan Janda tanpa Ikatan Resmi, Caleg di Ogan Komering Ulu Digerebek Warga

Senin, 05 Februari 2024 | 08:00 WIB
header img
Seorang caleg di OKU digerebek warga karena tinggal serumah dengan janda tanpa ikatan resmi. Foto: iNews/Widori

Warga yang merasa surat nikah siri tidak sah, berniat untuk mengarak pasangan itu keliling kampung, mengingat perbuatan mereka telah mencemari lingkungan.

"Berarti selama ini mereka telah mengotori kampung kami. Kami minta kampung kami dibersihkan atau akan kami arak keliling kampung," ujar beberapa warga yang berkerumun.

Setelah mediasi, akhirnya H setuju untuk memenuhi keinginan warga untuk 'mencuci' kampung. H berdamai dengan warga setempat dengan membuat surat pernyataan damai.

"Kita telah berdamai, sebab yang bersangkutan telah menyanggupi untuk membersihkan kampung kita ini. Tadi sudah dibuat surat pernyataannya. Namun kami tetap meminta jika masih ingin tinggal di sini, dia harus memperbaharui surat keterangan nikahnya sah, ya harus dinikahkan lagi sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar jadi contoh kejadian ini tidak terulang lagi," kata Eko, warga lainnya.

H di hadapan warga mengakui bahwa apa yang dilakukannya bersama ZA adalah hal yang salah. Ia menyatakan bahwa ia sudah memiliki istri sah dan saat ini maju sebagai caleg dari Partai Garuda Dapil II OKU, serta merupakan mantan kepala desa dua periode.

"Artinya seperti ini, demi Allah saya tidak mau dengan kejadian ini, kita sama mawas diri aku juga mawas diri. Aku tidak ngusil warga sini begitupun sebaliknya warga juga tidak ngusil saya, jika seandainya nanti resmi atau direstui orang tua hubungan kami," kata H usai mediasi.

Hingga berita ini diturunkan, warga setempat berencana untuk mengadakan 'cuci' kampung dengan cara memotong hewan ternak jenis kambing.

"Rencana malam ini kami akan potong kambing untuk cuci kampung," kata seorang warga saat dihubungi.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut