get app
inews
Aa Read Next : Wow!! Kota Cirebon Bakal Menggelar Cirebon Festival 2024, Catat Tanggal & Tempatnya

Kredit Pintar Giatkan Literasi Keuangan Dukung Optimalisasi Pelaku UMKM di Cirebon

Senin, 10 April 2023 | 15:42 WIB
header img
Kredit Pintar Giatkan Literasi Keuangan Dukung Optimalisasi UMKM. Foto : Istimewa

Lebih lanjut Desi mengungkapkan bahwa merupakan sebuah tantangan tersendiri ketika ditunjuk menjadi Pendamping bagi UMKM Juara di Kabupaten Cirebon. UMKM Juara adalah salah satu dari program unggulan Jabar Juara Lahir Batin yang diinisiasi oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

“Manfaat yang diperoleh pelaku usaha yang mengikuti kegiatan Jabar Juara adalah penguatan diri dalam mindset bisnis. Manajemen usaha untuk bisa naik kelas, dan manfaat teknologi dalam bisnis khususnya teknologi informasi untuk memperluas pasar. Fasilitas akses pasar yang ditawarkan program ini antara lain optimalisasi marketplace. Pameran tingkat Provinsi dan luar Provinsi bagi pelaku usaha terbaik. Peserta juga mendapatkan akses pembiayaan ke perbankan, fintech, program corporate sosial responsibility (CSR) serta investor. Yang tidak kalah pentingnya adalah adalah akses ke media, berupa media cetak, elektronik di kab/kota di Jawa barat. Tidak lupa akses perijinan berupa merek, PIRT (Produk Industri Rumah Tangga) - sertifikasi perizinan bagi industri yang memproduksi makanan dan minuman dengan skala rumahan, BPOM, dan sertifikat Halal” jelas Desi.

Wisely Wijaya, selaku Direktur Kredit Pintar, turut menambahkan Kredit Pintar sangat mendukung program Pemerintah untuk meningkatkan edukasi, literasi, dan inklusi keuangan. Apalagi saat ini terdapat lebih dari 70% dari 270 juta penduduk Indonesia yang masih kurang terlayani (underbanked) dan belum terlayani (unbanked) oleh produk keuangan. Sehingga melalui kegiatan Kelas Pintar Bersama ini, menjadi upaya kami untuk dapat membantu optimalisasi UMKM dalam mengembangkan usahanya.”

Berkat konsistensinya dalam mengkampanyekan literasi keuangan, baru-baru ini Kredit Pintar dianugerahi penghargaan dari The Iconomics dalam kategori Fintech, dengan title E-Loan dalam ajang Indonesia’s Popular Digital Products (Financial Industry). Tak hanya itu, Kredit Pintar juga mendapatkan apresiasi 2023 Top Brand in Indonesia, kategori Online Financing, dari Frontier Group.

“Kami berharap melalui Kelas Pintar Bersama, ke depannya dapat menjangkau lebih banyak wilayah di Indonesia yang memiliki potensi kewirausahaan lokal untuk menumbuhkan optimisme berwirausaha. Terlebih pascapandemi merupakan momentum kita untuk bangkit. Semoga kegiatan ini dapat membawa banyak manfaat dan menjadi pemicu semangat berwirausaha para UMKM, termasuk UMKM di Kabupaten Cirebon yang telah berpartisipasi dalam acara ini” pungkas Puji Sukaryadi.

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut