get app
inews
Aa Read Next : Ucapan Selamat Idul Fitri 1445 H Dinas Koperasi & UMKM Kabupaten Cirebon

Kredit Pintar Giatkan Literasi Keuangan Dukung Optimalisasi Pelaku UMKM di Cirebon

Senin, 10 April 2023 | 15:42 WIB
header img
Kredit Pintar Giatkan Literasi Keuangan Dukung Optimalisasi UMKM. Foto : Istimewa

KOTA CIREBON, iNewsCirebon.id - Melalui kegiatan Kelas Pintar Bersama, Kredit Pintar secara kontinu dan berkesinambungan terus berupaya menggiatkan program literasi keuangan di berbagai kota di Indonesia.

Hal ini sejalan dengan komitmen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk terus meningkatkan inklusi dan literasi keuangan digital terutama bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sehingga dapat semakin berkontribusi dalam penguatan ekonomi nasional.

Melihat geliat UMKM yang cukup tinggi dan kontribusinya dalam perekonomi nasional, Kredit Pintar berupaya untuk mendorong peningkatan kapasitas dan produktivitas usaha UMKM melalui kegiatan Kelas Pintar Bersama.

Puji Sukaryadi, Brand Communications Kredit Pintar, dalam sambutannya kala menyapa para peserta Kelas Pintar Bersama di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat (8/4/2023) menyampaikan Kelas Pintar Bersama merupakan kegiatan edukasi yang dipersembahkan oleh Kredit Pintar untuk komunitas UMKM guna meningkatkan literasi keuangan serta pemberdayaan wirausaha.

Upaya ini dilakukan sebagai bentuk dukungan kami untuk mendorong UMKM naik ke level berikutnya sekaligus meningkatkan skala usaha. 

Kredit Pintar adalah platform pinjaman digital yang berlisensi, terdaftar, dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hingga saat ini Kredit Pintar telah menyalurkan pinjaman lebih dari Rp 31,9 triliun, dimana sekitar separuh nasabahnya meminjam uang untuk kebutuhan modal usaha kecil atau pendidikan.Total peminjam sejak berdiri tahun 2017 berjumlah 11,8 juta nasabah.

Sejak 2022 lalu Kredit Pintar secara konsisten memfasilitasi Kelas Pintar Bersama tak hanya di Ibukota Provinsi yang ada di Indonesia, namun juga menjangkau daerah-daerah setingkat Kabupaten, seperti salah satunya yaitu Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Dalam kegiatan ini Kredit Pintar juga mengajak para narasumber kompeten untuk berpartisipasi, berbagi kiat, menumbuhkan semangat berwirausaha serta edukasi pengelolaan keuangan.

Dalam menjalankan usaha, umumnya muncul rasa takut akan rugi atau bangkrut. Merasa tidak memiliki masa depan yang pasti jika berwirausaha. Merasa bingung dan galau dari mana harus memulai usaha. Nah, sebaliknya, kewirausahaan adalah hal-hal yang berhubungan dengan keberanian seseorang dalam menjalankan kegiatan usahanya, bisnisnya.

Jadi kita sebagai pelaku UMKM jangan takut, karena kemampuan tersebut dapat kita pelajari,” papar Desi. 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut