get app
inews
Aa Read Next : Misteri Pohon Jelmaan Naga di Situs Keramat Cimandung Cirebon, Dipercaya Penangkal Marabahaya

Ini Sosok Mbah Kuwu Sangkan yang Makamnya Ramai Didatangi Peziarah

Sabtu, 25 Desember 2021 | 12:04 WIB
header img
Situs makam Mbah Kuwu Sangkan yang berada di Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon (foto : istimewa)

KABUPATEN CIREBON, INews.id - Selain Komplek makam Sunan Gunung Jati yang berada di Gunung Sembung, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon yang ramai di kunjungi peziarah tidak hanya dari wilayah Cirebon dan sekitarnya saja, namun di Kabupaten Cirebon juga ada tempat yang dipercaya sebagai tempat yang sangat Kramat dan juga dipercaya sebagai salah satu tokoh pendiri Cirebon, tempat ini juga ramai dikunjungi peziarah tidak hanya dari Cirebon dan sekitarnya namun dari luar kota Cirebon.

Tempat tersebut adalah makam situs makam Mbah Kuwu Sangkan yang berada di Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon. Mbah Kuwu Sangkan sendiri adalah salah satu orang yang dipercaya oleh sebagian besar masyarakat Cirebon adalah salah satu pendiri Cirebon pada saat itu.

Menurut pemerhati Sejarah dan Budaya, H Sulama Hadi, mengatakan sosok Mbah Kuwu Sangkan adalah Ki Danusela atau juga di sebut Ki Gede Alang-alang yang merupakan Kuwu (kepala desa.red) pertama setelah kondisi Cirebon mulai dipadati oleh masyarakat sebagai tempat untuk berdagang dan lain sebagainya.

"Pada saat itu, Syekh Nurjati yang merupakan guru dari Pangeran Cakrabuna atau Pangeran Walangsungsang, meminta kepada Pangeran Cakrabuna untuk membuat padukuhan (tempat tinggal penduduk atau pemukiman.red) dan karena pada saat itu, Cirebon adalah hutan belantara, maka Pangeran Cakrabuna mematuhi petuah dari guru nya tersebut," ujar Sulama, saat ditemui Sabtu (25/12/2021).

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut