get app
inews
Aa Read Next : Breaking News: Ferdy Sambo Selamat dari Hukuman Mati, MA Ubah Hukuman Jadi Penjara Seumur Hidup

Rekam Jejak Ronny Talapessy Sukses Bela Richard Eliezer, Ternyata Dulu Pernah Jadi Pengacara Ahok

Kamis, 16 Februari 2023 | 05:10 WIB
header img
Richard Eliezer Divonis 1,5 Tahun, Berikut Rekam Jejak Ronny Talapessy yang Pernah Jadi Pengacara Ahok. Foto: SindoNews

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Rekam jejak Ronny Talapessy dalam menangani berbagai kasus hukum tak dapat dipandang sebelah mata. Ternyata sebelumnya Ronny pun pernah menjadi pengacara Ahok dalam kasus penistaan agama.

Perjuangan Ronny Talapessy dalam membela Richard Eliezer atau Bharada E dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir J telah membuahkan hasil yang cukup manis setelah kliennya itu mendapatkan vonis ringan, yakni 1,5 tahun penjara.

Sekedar mengingat kembali, Ronny ditunjuk sebagai pengacara Bharada E mulai tanggal 10 Agustus 2022 yang saat itu menggantikan Deolipa Yumara dan Muhammad Boerhanuddin.

Nama Ronny memang tak terdengar asing, beberapa kali ia muncul ke publik baik sepak terjangnya dalam menangani berbagai kasus hukum dan juga kiprahnya di dunia politik.

Jika Anda masih ingat, ia pernah menjadi salah satu kuasa hukum mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Kiprahnya di kancah politik Indonesia tak juga main-main, Ronny adalah politisi PDI Perjuangan. Ia menjabat sebagai Wakil Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jakarta.

Ronny Berty Talapessy juga dikenal aktif dalam berorganisasi, dirinya merupakan anggota Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) dan juga anggota dari Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin).

Ronny menempuh pendidikan sarjananya di Fakultas Hukum Universitas Atmajaya Jakarta, lalu melanjutkan pendidikan dan berhasil mendapatkan gelar master hukum di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Tak ada kata lelah dalam menempuh pendidikan, Ronny pun melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, yakni program studi doktor di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Sudah dapat dipastikan, Ronny memiliki sejumlah rekam jejak yang tak sembarangan, berikut rekam jejak seorang Ronny Berty Talapessy.

  • Ronny pernah menjadi salah satu anggota tim pengacara Ahok dalam kasus dugaan penistaan agama pada 2016 silam.
  • Ronny juga pernah menjadi pengacara keluarga korban kecelakaan maut Tugu Tani, Jakarta Pusat. Peristiwa itu tercatat telah menewaskan 9 orang pada tahun 2012.
  • Ia juga pernah membela aktor Tio Pakusadewo yang terjerat kasus narkoba pada akhir 2017. Namun, ia tidak lama menjadi kuasa hukum Tio karena akhirnya memutuskan mengundurkan diri.

Pada kasus pembunuhan berencana Brigadir J, Ronny mengaku diminta langsung oleh orangtua Eliazer agar bisa mendampingi kasus hukum anaknya.

Kala itu, Ronny menyanggupi dan menjelaskan bahwa dirinya langsung bekerja dengan menyiapkan langkah awal untuk membela kliennya dalam kasus ini. Salah satunya dengan menyiapkan saksi yang bisa meringankan hukuman Eliazer.

Itulah rekam jejak seorang Ronny Berty Talapessy yang dengan keuletan, kerja keras dan keberaniannya membela Richard Eliazer.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut