get app
inews
Aa
Read Next : Deretan Foto Moeldoko Ziarah Makam Pahlawan Nasional Bung Tomo

Moeldoko Dukung Penggunaan Obat Ivermectin Untuk Penanggulangan Covid-19

Senin, 28 Juni 2021 | 12:37 WIB
header img
Moeldoko (Dok Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Ketua Umum (Ketum) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Moeldoko, mendukung upaya penggunaan ivermectin sebagai obat untuk menanggulangi Covid-19. Hal itu dilakukan mengingat situasi pandemi Covid-19 di Indonesia yang semakin kritis dalam beberapa hari belakangan ini.

"Saya selaku ketua HKTI, sungguh sangat mendukung program edukasi hari ini, untuk mengenalkan lebih dekat tentang ivermectin sebagai salah satu obat yang telah terbukti efektif di dalam penyembuhan Covid-19 di berbagai negara," kata Moeldoko saat mengikuti konpers virtual terkait ivermectin, Senin (28/6/2021).
Berdasarkan informasi yang diterima Moeldoko, ivermectin memang awalnya digunakan untuk obat cacing. Namun, beberapa data dan laporan yang diterima, ivermectin ternyata juga ampuh untuk mengobati Covid-19. Oleh karenanya, ia mendukung edukasi penggunaan ivermectin sebagai obat Covid-19 di saat kritis seperti sekarang ini.

"Saat ini kita sudah memasuki situasi yang kritis, penyebaran di mana-mana, warna merah di mana-mana. Berikutnya, BOR semakin meningkat. Ketersediaan BOR semakin sempit, sedikit, berikutnya varian atau mutasi baru, kita paham bersama berbagai mutasi baru Covid-19 berada di mana-mana," ujar Moeldoko.

Selain itu, kata Moeldoko, tak sedikit masyarakat Indonesia yang saat ini belum mendapatkan vaksin. Mantan Panglima TNI itu mengatakan, perlu keputusan cepat di saat kritis seperti sekarang. Keputusan itu diambil merujuk informasi dan laporan dari berbagai negara.

"Menurut FLCCC alliance (Front Line Covid Critical Care) sudah ada 33 negara yang menggunakan ivermectin dalam mengatasi Covid-19, antara lain Brazil, Zimbabwe, Jepang, dan India," ucapnya.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut