get app
inews
Aa Read Next : Penemuan Harta Karun Kerajaan Sriwijaya di Palembang, Arkeolog Asing: Pulau Emas Telah Ditemukan

Heboh! Batu Mirip Manusia Muncul di Tengah Sungai Musi

Kamis, 16 Desember 2021 | 20:14 WIB
header img
Batu besar mirip manusia ditemukan di tengah Sungai Musi di Empat Lawang, Sumsel. (Foto: Amri Wijaya)

EMPAT LAWANG, iNews.id - Warga Empat Lawang, Sumatera Selatan (Sumsel) dihebohkan penemuan batu yang menyerupai wajah manusia di Sungai Musi. Lokasi penemuan tepatnya di Desa Ulak Mengkudu, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang. 

Penemuan batu yang menyerupai wajah manusia itu ditemukan oleh warga yang sedang melakukan pengerjaan normalisasi Sungai Musi. Menggunakan alat berat eksavator batu yang menyerupai wajah manusia itu diangkat ke tepian sungai.

Dengan rasa penasaran warga berduyun-duyun mendatangi Sungai Musi untuk melihat dari dekat dan berfoto di depan batu yang menyerupai dari bahu, leher hingga kepala manusia itu. 

Batu yang berukuran sekitar dua meter ini belum diketahui dengan pasti apakah fosil, megalit atau terbentuk oleh proses alam. 

Dari cerita warga setempat bahwa di Desa Ulak Mengkudu terdapat satu buah makam bersejarah yakni anak dari Serunting Sakti atau yang sering disebut Si Pahit Lidah yang bernama Ali Muhidin.

Si Pahit Lidah, dalam cerita masyarakat Sumsel adalah tokoh sakti dan ucapannya merupakan kutukan yang pasti terjadi. Karena itu, warga mengaitkan batu mirip kepala manusia ini dengan legenda Si Pahit Lidah. 

"Saya mendapatkan kabar bahwa di Desa Ulak Mengkudu ada penemuan batu yang menyerupai wajah manusia, kalau menurut saya itu bukan fosil melainkan proses alam. Tapi saya tidak dapat memastikan juga kita serahkan semuanya kepada ahlinya," ujar Camat Tebing Tinggi Sopyan, Kamis (16/12/2021). 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut