Logo Network
Network

Penemuan Harta Karun Kerajaan Sriwijaya di Palembang, Arkeolog Asing: Pulau Emas Telah Ditemukan

Muhaimin
.
Minggu, 24 Oktober 2021 | 12:14 WIB
Penemuan Harta Karun Kerajaan Sriwijaya di Palembang, Arkeolog Asing: Pulau Emas Telah Ditemukan
Sungai Musi di Kota Palembang, Sumatera Selatan, lokasi ditemukannya harta karun Kerajaan Sriwijaya.(Foto: Dok MNC Media)

JAKARTA, iNews.id - Penemuan harta karun bernilai jutaan poundsterling atau miliaran rupiah dalam lima tahun terakhir di sepanjang Sungai Musi, Palembang, membuat media asing berspekulasi bahwa situs temuan itu kemungkinan adalah situs Suwarnadwipa atau Pulau Emas Kerajaan Sriwijaya yang menjadi dongeng di kalangan rakyat Indonesia.

Menurut sejarahnya, Kerajaan Sriwijaya di Sumatera eksis pada abad ke-14. Penemu harta karun adalah para kru nelayan lokal yang melakukan penyelaman malam hari di Sungai Musi, Palembang.

Beberapa laporan media asing, termasuk The Guardian, pada Sabtu (23/10/2021) menyebutkan, harta karun yang ditemukan luar biasa. Itu termasuk patung Buddha abad ke-8 yang bertatahkan permata bernilai jutaan poundsterling dan permata yang layak untuk seorang raja.

Dr Sean Kingsley, seorang arkeolog maritim Inggris, mengatakan: “Dalam lima tahun terakhir, hal-hal luar biasa telah muncul. Koin dari semua periode, patung emas dan Buddha, permata, segala macam hal yang mungkin Anda baca di Sinbad the Sailor dan mengira itu dibuat-buat. Itu benar-benar nyata.”

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini