get app
inews
Aa Read Next : Kisah ART Kerja Sambil Telanjang Digaji Rp934.000 per Jam

Ini Sejarah Pembuatan Mobil Mini Cooper

Rabu, 23 Juni 2021 | 17:34 WIB
header img
Mobil pertama Morris Mini tercipta melalui inisasi menciptakan mobil ringkas dan irit. (Foto: BMW & Mini Refair)

LONDON, iNews.id - Siapapun tentunya sepakat jika mini merupakan merek mobil ikonik asal Inggris yang memiliki desain khas. Pasalnya, mobil tersebut diketahui beberapa kali main di film, seperti Mr. Bean dan The Italian Job.

Sebelum tenar dengan Mini Cooper seperti sekarang, merek ini populer dengan nama Morris Mini pada 1960-an, yang diproduksi British Motor Corporation (BMC). Mobil pertama Morris Mini tercipta melalui inisasi menciptakan mobil ringkas dan irit.

Pada 1950-an terjadi krisis diberlakukan penjatahan bahan bakar minyak (BBM) bagi negara-negara Eropa, termasuk Inggris. Pimpinan BMC saat itu, Leonard Lord menunjuk Alec Issigonis untuk merancang Morris Minor. Pengerjaan dimulai pada Maret 1957. Dua tahun kemudian, mobil tersebut siap diproduksi.

Prototipe Morris Mini berhasil dibuat lewat bantuan salah satu pembalap bernama John Cooper. Awalnya, mobil tersebut diberi nama Austin Mini Se7en dan Morris Mini Minor. Namun, beberapa waktu kemudian setelah berganti nama, akhirnya diputuskan untuk memberi nama Mini.

Ada beberapa jenis Mini yang diproduksi, seperti Mini Van, Mini Pick Up, Mini Moke, serta Mini Clubman. Namun, di antara jenis itu, Mini Cooper lebih dikenal oleh banyak orang dengan desain ringkas, efisien, dan gesit.

Mini tak hanya laris di pasaran, tapi juga langganan juara di ajang balap. Mini tercatat menjadi pemenang di Rally Monte Carlo 1964, 1965, dan 1967, dan selalu masuk tiga teratas dari 1964 hingga 1968.

Mini mengakhiri masa produksinya pada awal 2000, setelah 42 tahun berkiprah. Saham mini dikuasai BMW. Mini Cooper pun digantikan dengan New Mini. Meski dibuat lebih modern, BMW tetap mempertahankan desain retro khas Mini. Selama 42 tahun tersebut, diperkirakan jumlah Mini yang ada di dunia mencapai 5,5 juta unit. Jumlah tersebut membuat Morris Mini menjadi mobil Inggris terlaris sepanjang sejarah.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut