5 Kisah Sedih dari Hewan yang Dikirim Ke Luar Angkasa, dari Cacing Hingga Anjing

Dede Kurniawan/Net Cirebon
.
Sabtu, 03 Desember 2022 | 22:42 WIB
Lima kisah sedih dari hewan yang dikirim ke luar angkasa, dari Cacing hingga Anjing. Foto: Istimew.

JAKARTA, iNewsCirebon.id Lima kisah sedih dari hewan yang dikirim ke luar angkasa, dari Cacing hingga Anjing. Belasan hewan telah dikirim keluar angkasa oleh manusia dalam rangka melakukan ekspedisi khusus.

Dari sederetan hawan yang dikirim ini, terdapat banyak cerita sedih dan aneh yang terjadi dalam proses pengirimannya. Bahkan tidak sedikit hewan-hewan yang dikirim ke luar angkasa ini mengalami kematian.

Demi eksperimen, manusia memang tidak pernah kehabisan hewan untuk dibawa ke luar angkasa. Sebagian dari mereka ada yang murni untuk penelitian dan sebagian lainnya justru hanya sekadar gimmick belaka. 

Baru-baru ini saja European Space Agency (ESA) jadi pembicaraan karena mengirimkan karakter animasi Shaun the Sheep dalam misi pesawat luar angkasa NASA ke bulan, Artemis I. Mereka mengklaim Shaun the Sheep adalah "domba" pertama yang akan ada di luar angkasa.

Lantas hewan apa saja yang sudah dikirim ke luar angkasa deni sebuah ekspedisi khusus?. Dikutip dari Sindonews.com, Sabtu (3/12/2022) berikut kisah sedih dari hewan yang dikirim ke luar angkasa.

Kisah sedih dari hewan yang dikirim ke luar angkasa:

5. Cacing yang Lolos Tragedi Columbia

Pada 2003, NASA menerbangkan pesawat luar angkasa Columbia yang berakhir tragis karena gagal terbang dan jatuh. Tujuh awak pesawat luar angkasa itu meninggal dunia. 

Hanya saja ada satu organisme yang justru selamat dari kecelakaan fatal itu yakni cacing gelang atau Caenorhabditis elegans. Makhluk itu ikut dibawa ke Stasiun Luar Angkasa Internasional pada misi ke 28 Columbia.

Sejumlah eksperimen terkait mikrogravitasi dan efeknya pada ekspresi genetik dilakukan dengan cacing itu. Nathaniel Szewczyk, ilmuwan yang bekerja dengan sampel cacing golongan nematoda itu setelah kecelakaan mengatakan, tak ada yang menyangka cacing itu akan selamat. Cacing itu dilindungi oleh lapisan tahan panas.

4. Felicette si Kucing Manis dari Prancis

Félicette adalah salah satu dari 14 kucing betina yang dilatih untuk penerbangan luar angkasa oleh Prancis. Dengan menggunakan roket French Veronique AG1, Felicette terbang ke antariksa sebagai bagian dari penelitian yang dilakukan Prancis waktu itu. 

Felicette pun berhasil melalui tahapan itu dan kembali ke bumi. Karenanya, Félicette kemudian dijuluki Felix the Cat oleh media setempat. Dia juga beruntung karena Felicette dibuatkan patung di International Space University, Strasbourg, Prancis. Di situ patung Felicette berdampingan dengan patung Yuri Gagarin,manusia pertama yang pergi ke luar angkasa. 

Follow Berita iNews Cirebon di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini