get app
inews
Aa Read Next : Masuk DPO Tersangka Pencabulan Anak Tiri, Polisi Meminta NSA agar Segera Menyerahkan Diri

11 Ilmuwan Muslim yang Mengubah Dunia, Penemuannya Memberikan Kontribusi Besar

Jum'at, 02 Desember 2022 | 15:52 WIB
header img
Sejumlah karya ilmuwan muslim memberikan kontribusi besar bagi kehidupan modern saat ini. Foto/mvslim

3. Abu Al Wafa Muhammad al Buzjani

Abul Wafa Muhammad Ibn Muhammad Ibn Yahya Ibn Ismail Buzjani adalah seorang astronom dan matematikawan asal Persia. Dia dilahirkan di Buzhgan, Iran,pada 10 Juni 940 M dan meninggal di Baghdad, Irak, pada 15 Juli 998 M. Pada tahun 959, Abul Wafa pindah ke Irak, dan mempelajari matematika khususnya trigonometri.

Pemikiran pentingnya tentang fungsi trigonometrik; Aturan sinus; beberapa identitas trigonometri.

Prestasi / karya: Dia adalah orang pertama yang menunjukkan sifat umum teorema sinus relatif terhadap segitiga bola. Dia mengumumkan secant dan cosecan untuk pertama kalinya Dia menambahkan solusi masalah geometris dalam geometri

4. Abu Abdullah al Battani

Abu Abdullah al Battani adalah seorang ahli astronomi dan matematikawan dari Arab. Dia dilahirkan di Harran dekat Urfa pada 858 Masehi dan meninggal di Samarra, Irak, pada 929 Masehi.

Salah satu pencapaiannya yang terkenal adalah tentang penentuan tahun matahari sebagai 365 hari, 5 jam, 46 menit dan 24 detik. Al Battani juga menemukan sejumlah persamaan trigonometri.

Prestasi / karya: Dia adalah orang pertama yang menggantikan latihan akord Yunani

Dia adalah orang pertama yang mengembangkan konsep kotangen dan menyediakan tabel mereka dalam derajat.

5. Al Hasan Ibn Al Haytham Abu

Ali al-Hasan bin al-Hasan bin al-Haytham atau Ibnu al-Haytham, di barat lebih dikenal dengan nama Alhazen. Dia dilahirkan di Basra, Irak, pada 1 Juli 965 Masehi dan meninggal di Kairo, Mesir, pada 6 Maret 1040. Dia seorang ilmuwan Islam yang ahli dalam bidang sains, falak, matematika, geometri, pengobatan, dan filsafat.

Prestasi / karya: Melalui Buku Optiknya (Kitab al-Manazir) dan terjemahan Latinnya (De Aspectibus), gagasannya mempengaruhi para sarjana Eropa dan Pada abad ke-17. Eropa memecahkan masalah yang dibingkai oleh Al Hasan Ibn Al Haytham yang dikenal sebagai masalah Al-Hazan Saat ini, banyak yang menganggapnya sebagai tokoh penting dalam sejarah optik dan "Bapak Optik modern" karena penemuannya dalam optik dan visi membalikkan kesalahpahaman selama berabad-abad.

Editor : Miftahudin