get app
inews
Aa
Read Next : 3 Negara Penghasil Tekstil Terbesar di Dunia, 2 Diantaranya ada di Asia

5 Makanan Tertua di Dunia yang Masih Digemari Orang hingga Sekarang

Rabu, 30 November 2022 | 18:43 WIB
header img
5 jenis makanan tertua di dunia. Foto: SindoNews

KAIRO, iNewsCirebon.id - Lima jenis makanan tertua di dunia yang bertahan hingga kini di tengah perkembangan kuliner yang makin pesat. 

Kita baru tersadar setelah para arkeolog menemukan makanan tertua di dunia dalam situs-situs purbakala, ternyata makanan yang pernah kita nikmati sekarang memang warisan dari jaman purbakala.

Melansir dari SindoNews, Rabu (30/11/2022) berikut 5 jenis makanan tertua di dunia.

5 Makanan Tertua di Dunia

Budaya hidup sehat dan bertahan hidup ternyata telah diterapkan oleh orang-orang terdahulu sejak jaman purbakala. Ini terbukti dari berbagai penemuan makanan tertua yang ditemukan oleh ahli arkeolog.

1. Mie Kuno dari China

Mie tertua ada dalam sejarah teks Dinasti Han yang berasal dari antara 25 dan 220.

Dalam sebuah penemuan tahun 2005, para arkeolog menemukan harta karun mangkuk terbalik di wilayah pemukiman Lajia, China. 

Ternyata, di balik mangkuk terdapat mie yang diawetkan dengan sempurna yang terkubur dalam sedimen. Sayangnya, mie itu berubah menjadi debu ketika terkena udara, namun para arkeolog dapat memeriksa bahwa mie itu terbuat dari millet.

“Tipis, halus, dan kuning, mereka menyerupai mie tradisional La-Mian (seperti yang digambarkan) yang dibuat dengan cara menarik dan meregangkan adonan dengan tangan. Diperkirakan sekitar 4.000 tahun yang lalu makan malam seseorang terganggu dan menyebabkan mereka membalikkan mangkuk yang tidak akan dipindahkan selama empat milenium,” kata Dr Houyuan Lu dari Chinese Academy of Sciences di Beijing.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Cirebon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut